alexametrics
TOPIK TERPOPULER

Pemerintah Tetapkan Idul Fitri Jatuh pada Minggu 24 Mei 2020

Fahmi Bahtiar
Pemerintah Tetapkan Idul Fitri Jatuh pada Minggu 24 Mei 2020
Hari Raya Idul Fitri 1441 H jatuh pada hari Minggu 24 Mei 2020. Foto/Ilustrasi

JAKARTA - Pemerintah Republik Indonesia menetapkan Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1441 Hijriah jatuh pada hari Minggu 24 Mei 2020. Keputusan tersebut disampaikan Menteri Agama Fachrul Razi setelah menggelar sidang isbat di Kantor Kementerian Agama, Jakarta, Jumat (22/5/2020)

"Sidang isbat secara bulat menyatakan bawah jatuh 1 Syawal 1441 H pada hari Minggu 24 Mei 2020," kata Fachrul mengumumkan hasil sidang isbat.

Dalam sidang isbat, dua metode yang tidak pernah dipisahkan dan digunakan yakni metode hisab dan rukhiyah. "Dua metode hisab dan rukyat bukan metode yang diperhadapkan," katanya.



Baca Juga: Surat Edaran MUI Sulsel : Salat Idul Fitri Dilaksanakan di Rumah

Sidang isbat dilaksanakan secara tertutup dan diikuti Menag, Majelis Ulama Indonesia, ormas-ormas Islam dan pimpinan Komisi VII DPR.

Penetapan Idul Fitri 1441 H pada 24 Mei itu selaras dengan yang ditetapkan PP Muhammadiyah maupun PBNU. Jika PP Muhammadiyah sudah jauh hari menetapkannya, PBNU seperti halnya pemerintah juga baru mengumumkannya pada hari ini.

Penetapan Hari Raya Idul Fitri dari PBNU disampaikan langsung Ketua Umum KH Said Aqil Siradj.

"Awal bulan Syawal 1441 Hijriyah jatuh pada hari Ahad tanggal 24 Mei 2020," kata Said Aqil dalam rekaman video yang diterima SINDOnews.



(tri)

preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak