Arus Balik, Satgas Covid-19 Pinrang Lakukan Swab Test Acak ke Pemudik

Selasa, 18 Mei 2021 - 08:53 WIB
loading...
Arus Balik, Satgas Covid-19 Pinrang Lakukan Swab Test Acak ke Pemudik
Penumpang yang melakukan perjalanan melalui jalur trans Sulawesi Pinrang-Polman menjalani swab test. Foto: Darwiaty Dalle
A A A
PINRANG - Tim Gugus Covid-19 Kabupaten Pinrang menyiagakan tenaga medis di perbatasan Pinrang dan Polewali Mandar (Polman), Sulawesi Barat ( Sulbar ), sebagai upaya mencegah penyebaran virus Covid-19 pada arus balik usai lebaran.

Juru Bicara Tim Gugus Covid-19, Dyah Puspita Dewi mengatakan tim medis dari Dinas Kesehatan Pinrang tersebut disiagakan guna mendeteksi ada tidaknya penumpang yang melakukan perjalanan melalui jalur trans Sulawesi yang terpapar Covid-19.

"Tes swab kita lakukan secara acak pada penumpang yang melintas. Tim Satgas, dibantu personel kepolisian dari Polres Pinrang , dan tim terpadu dan melibatkan sejumlah instansi," jelas Dyah, Senin (17/5/2021).



Berbeda dengan arahan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel , yaitu pelaksanaan swab test berlangsung dua hari saja, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pinrang melalui Tim Satgas Covid-19 Pinrang akan menggelar swab test acak ini hingga tanggal 20 Mei. Pelaksanaannya pun dilakukan hingga malam hari.

Pada hari pertama, Minggu (16/5/2021), setidaknya ada 55 penumpang asal Sulbar menjalani tes swab secara acak. Dari jumlah tersebut, semuanya menunjukkan hasil negatif. "Hari pertama menggembirakan karena hasil pemeriksaan tak ada yang reaktif. Kita berharap predikat zona hijau yang diraih pekan lalu bisa tetap dipertahankan," katanya.



Target per hari, tambah Dyah, 50 penumpang diswab secara acak. Namun karena tingginya jumlah warga yang melakukan arus balik, sehingga tes swab antigen melebihi target. Pada hari kedua, hingga Senin (17/5/2021) sore, jumlah penumpang yang menjalani tes swab sudah mencapai 51 orang. "Dan semua hasilnya negatif," katanya.

Ditambahkan Dyah, sejumlah kendaraan yang mengangkut penumpang ada juga yang dilengkapi dokumen perjalanan, baik surat tugas maupun surat hasil swab, sehingga oleh tim gabungan diperbolehkan melanjutkan perjalanan tanpa harus menjalani tes swab. "Kita siapkan 250 alat swab untuk arus mudik tahun ini," tandasnya.

(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2144 seconds (0.1#10.140)