Kejar Standar WHO, Wabup Luwu Utara Dorong Satgas Genjot Tes Covid-19

Selasa, 18 Mei 2021 - 19:42 WIB
loading...
Kejar Standar WHO, Wabup Luwu Utara Dorong Satgas Genjot Tes Covid-19
Wakil Bupati Luwu Utara, Suaib Mansur. Foto: Humas Pemkab Luwu Utara
A A A
LUWU UTARA - Wakil Bupati Luwu Utara, Suaib Mansur optimistis pengendalian Covid-19 di Luwu Utara dapat berjalan dengan baik, tapi dengan catatan pemeriksaan juga harus terus dilakukan setiap harinya. Berdasarkan standar WHO, jumlah pemeriksaan yang harus dilakukan adalah 1/1.000 dari jumlah penduduk.

Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Luwu Utara dalam seminggu terakhir, 11 hingga 17 Mei 2021, telah melakukan testing sebanyak 268 kali. Wabup Suaib mengalkulasi bahwa jumlah tes 268 kali sudah mendekati standar WHO. Tinggal, kata dia, digenjot lagi untuk mencapai standar WHO 1/1.000 guna mengendalikan virus berbahaya ini.

Baca Juga: Wabup Suaib
Menurutnya, capaian tersebut sudah sangat baik untuk pengendalian Covid-19 di level kabupaten/kota. Meski begitu, dia tetap berupaya agar Satgas Luwu Utara terus menggenjot tes agar standar WHO bisa tercapai.

“Angka 0,776 sebenarnya mendekati angka 1, artinya tidak menutup kemungkinan ini bisa kita capai untuk menuju angka 1. Minimal testing per hari 47 orang, atau 329 per minggu,” urainya.

Menurut mantan Kadis PUPR ini, jumlah testing per hari atau per minggu yang harus terus digenjot lagi.

Baca Juga: Suaib
Selain itu, kata Bupati, Dinas Kesehatan harus intens mengoordinasikan terkait kapasitas dan kemampuan pemeriksaan sampel harian dengan pihak labotatorium yang selama ini melakukan pemeriksaan sampel atau spesimen swab. Memastikan ketersediaan rumah karantina mandiri di setiap desa, juga menjadi urgen, mengingat program wisata Covid-19 Pemprov Sulsel telah ditutup.

“RSUD harus memastikan ketersediaan UGD dan kamar, khusus pasien Covid-19. BPKAD juga kita harap menyiapkan anggaran penanganan Covid-19, termasuk insentif nakes per kasus. Untuk Satgas, permantap edukasi warga untuk mau diperiksa atau memeriksakan diri secara sukarela guna memenuhi target minimal pemeriksaan harian. Kalau semua ini siap, insya Allah pengendalian Covid-19 di Luwu Utara dapat berjalan dengan baik,” tegas Indah.

Namun yang tidak kalah pentingnya, lanjut Indah, adalah tetap mendisiplinkan diri dengan patuh dan taat menegakkan protokol kesehatan di mana pun dan kapan pun saat beraktivitas di luar rumah. “Sambil kita mempersiapkan semua upaya tadi, maka upaya terbaik saat ini adalah tetap melakukan pencegahan dengan memastikan kita dan masyarakat tetap displin protokol kesehatan dalam melakukan aktivitas sehari hari,” tandasnya.

Baca juga:Warga Rampi Ditandu ke Puskesmas Usai Melahirkan, Begini Kata Camat

Sementara data indikator surveilans dan epidemiologi terbaru, 17 Mei 2021, yang dikeluarkan Satgas Covid-19 Luwu Utara bahwa angka reproduksi efektif (Rt) Covid-19 di Luwu Utara adalah 0,81, dengan jumlah test PCR 46 kali per hari.

Angka positivity rate 0,00%, dengan jumlah test PCR/Antigen per 1.000 penduduk per minggu adalah 0,81. Angka 0,81 ini menggambarkan bahwa Luwu Utara kini dalam penanganan Covid-19 yang benar, karena sudah mendekati standar WHO, yakni 1/1.000 dari jumlah penduduk yang ada.
(luq)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.8055 seconds (0.1#10.140)