Pembangunan Konstruksi Stadion Mattoanging Ditarget Terlaksana Tahun 2022

Jum'at, 21 Mei 2021 - 08:56 WIB
loading...
Pembangunan Konstruksi Stadion Mattoanging Ditarget Terlaksana Tahun 2022
Pembangunan konstruksi Stadion Mattoanging ditarget baru bisa terlaksana tahun depan. Foto: Dok/SINDOnews
A A A
MAKASSAR - Rencana rehabilitasi Stadion Mattoanging masih dikaji. Desain perencanaan proyek strategis Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel itu dalam tahap reviu ulang atau redesain.

Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman menegaskan, pembangunan Stadion Mattoanging terus berjalan. “Insya Allah, kita tetap (lanjutkan),” paparnya saat ditemui di kantor Gubernur Sulsel, Kamis (20/5/2021).

Dia melanjutkan, tahun ini tahapan rehabilitasi Stadion Mattoanging masih akan berfokus pada reviu desain. Pembangunan konstruksi ditarget baru bisa terlaksana tahun depan, yang menyesuaikan kemampuan anggaran daerah.

“Tahun ini kan kita reviu desainnya. Kemudian tahun depan ada progresif sesuai kemampuan keuangan daerah. Ada penambahan opsi desain. Jadi ada dua opsi desain nanti,” imbuh Andi Sudirman.



Sebelumnya Plt Gubernur Sulsel mengakui anggaran proyek Stadion Mattoanging tidak akan menggunakan dana pinjaman daerah dari PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) senilai Rp1,2 triliun. Dengan begitu, jika mengandalkan APBD murni, konstruksi stadion bakal dilakukan bertahap sesuai kemampuan keuangan Pemprov Sulsel.

Sementara Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sulsel , Andi Arwin Azis menuturkan, detail engineering detail (DED) Stadion Mattoanging yang disusun PT Arkonin sebelumnya akan ditinjau ulang. Plt Gubernur dijadwalkan akan bertemu dengan perusahaan pemenang tender DED stadion itu.

Dia membeberkan, kapasitas Stadion Mattoanging akan disesuaikan menjadi 20 ribu penonton saja. Dimana pada perencanaan sebelumnya berdaya tampung 40 ribu penonton. Dengan adanya reviu desain tersebut, maka alokasi anggaran pembangunan stadion pun akan ditinjau ulang pada APBD-Perubahan 2021.



"Redesain dilakukan pada tahun 2021 sambil menunggu perubahan alokasi Rp1,2 triliun lebih bisa dikurangi pada perubahan APBD 2021. Kemudian diharapkan tahun 2022 terpenuhi anggarannya untuk konstruksi. Apabila sudah penetapan KUA-PPAS kita akan lelang dini," urai Arwin.

Dia melanjutkan, tahapan rehabilitasi Stadion Mattoangin sampai pada penetapan pemenang tahapan lelang manajemen konstruksi (MK). Pemenang konsultan pengawas yang akan mendukung proses lelang konstruksi kedepan itu dimenangkan oleh PT Artefak Arkindo-Jakarta.

“Mereka (pemenang lelang MK) bersedia tetap mengawal proses pembangunan stadion meskipun anggarannya jauh dari harapan mereka," jelasnya.

(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2444 seconds (0.1#10.140)