TOPIK TERPOPULER

Bea Cukai Makassar Inspirasi Pelaku UMKM Jadi Eksportir

Tim SINDOnews
Bea Cukai Makassar Inspirasi Pelaku UMKM Jadi Eksportir
Bea Cukai Makassar akan memberikan pengetahuan dasar tata cara melakukan ekspor kepada para pelaku UKM Kota Makassar dan sekitarnya. Foto: Istimewa

MAKASSAR - Bea Cukai Makassar bekerja sama dengan Balai Besar Pengembangan SDM dan Penelitian Komunikasi dan Informatika Makassar akan memberikan pengetahuan dasar kepada para pelaku UKM Kota Makassar dan sekitarnya cara melakukan ekspor.

Program bernama Digital Entrepreneurship Academy Digital Talent Scholarship 2021 ini digagas oleh Kementerian Komunikasi dan Informasi bekerja sama dengan sejumlah pihak termasuk dengan Mitra Global Tech Company, sejumlah perguruan tinggi, instansi pemerintah, dan start-up Lokal.

Baca juga: Bea Cukai Jayapura Gagalkan Pengiriman Ganja di Perbatasan Papua Nugini

Kegiatan ini merupakan upaya untuk mencetak digital entrepreneur baru dalam rangka mempersiapkan sumber daya manusia yang unggul menghadapi era revolusi industry 4.0.

Menurut Firdaus Masjhur dari Balai Besar Pengembangan SDM & Penelitian (BBPSDMP) Makassar, untuk tahap awal, setidaknya lebih 1.000 pelaku UMKM di wilayah Makassar akan mengikuti program ini.

Eva Arifah Aliyah selaku Kepala Kantor Bea Cukai Makassar berharap, program ini pada akhirnya dapat meningkatkan pendapatan usaha, digitalisasi proses bisnis, manajemen keuangan, dan memperluas akses pendanaaan serta pemanfaatan teknologi yang lebih efektif.

Baca juga: KPK Panggil Direktur PT Nano Logistic dalam Kasus Pengaturan Cukai

“Kami menyambut baik inisiatif ini dan berharap bisa memberi inspirasi bagi para pelaku UKM untuk melangkah lebih maju, termasuk berani melakukan ekspor ke negara lain,” kata Eva.

Sementara itu, Kepala Seksi Kepabeanan & Cukai, Bea Cukai Makassar, Adeltus Lolok menilai, Sulsel memiliki potensi ekspor sumberdaya alam yang melimpah. Namun demikian pelaku UKM masih menghadapi sejumlah kendala dari sisi produk, pendanaan, maupun kemampuan penetrasi ke pasar internasional.

Baca juga: Orson Indonesia Beberkan Produksi hingga Ekspor ke Dirjen Bea Cukai Jakarta dan Marunda

“Kami memandang program Kominfo ini sangat tepat dan sinergi dengan upaya pemerintah mendorong peningkatan ekonomi nasional melalui peningkatan ekspor. UKM yang telah go digital, secara otomatis akan terekspos ke pasar yang lebih luas, tanpa batas,” kata Adeltus Lolok.

Secara simultan, saat ini telah dilaksanakan kelas program Digital Entrepreneurship Academy di Kabupaten Gowa dan Jeneponto dengan muatan pengetahuan ekspor dari Bea Cukai Makassar. Sejumlah kelas lainnya akan menyusul bagi para pelaku UKM di beberapa kota, untuk selanjutnya program ini dilaksanakan secara nasional.



(luq)

preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!