alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Terekam CCTV, Pria Bercadar Bobol Kotak Amal Masjid di Makassar

iNews.id
Terekam CCTV, Pria Bercadar Bobol Kotak Amal Masjid di Makassar
Aksi pencurian kotak amal oleh seorang pria yang mengenakan penutup wajah seperti cadar. (Foto: iNews/Yoel Yusvin).

MAKASSAR - Aksi pencurian kotak amal masjid kembali terjadi di Kota Makassar, Sulsel. Kali ini, pelaku terekam kamera pengawas alias CCTV. Terlihat pelakunya adalah seorang pria memakai kain penutup wajah seperti cadar. Insiden itu terjadi di Masjid Nahdatul Ummah di Jalan Toddopuli 10.

Pengurus Masjid Nahdatul Ummah, Sunardi Kartono, mengatakan pelaku tampaknya sudah beberapa kali mendatangi masjid tersebut. Makanya, dia datang dengan penutup wajah karena sudah tahu ada CCTV di rumah ibadah umat Islam tersebut.

"Jadi dia datang dari pintu masuk di sini (pintu utama), lalu langsung duduk. Dia memantau sesaat situasi masjid dan langsung melakukan aksinya," kata Sunardi kepada wartawan di TKP pencurian, Kecamatan Manggala, Kota Makassar, Sulsel, Selasa (4/2/2020).



Dari rekaman CCTV, pelaku sebenarnya hendak membobol dua kotak amal. Namun, karena yang satu digembok double, pelaku pun kesulitan dan hanya membawa uang curian dari satu kotak saja.

Pengurus masjid baru mengetahui ada kotak amal yang dibobol maling pada Jumat (31/1/2020) lalu. Mereka mendapati ada satu kotak amal yang tidak ada gemboknya diduga isinya telah dicuri seseorang.

"Saat kami cek CCTV ternyata benar ada kasus pencurian beberapa hari sebelumnya. Kira-kira uang di kotak amal itu ada Rp500.000-an," ujar dia.

Kasus pencurian kotak amal ini, kata dia, sudah dilaporkan ke polisi. Sementara pengurus masjid dan warga hanya bisa menunggu penyelidikan petugas. Mereka berharap polisi dapat menangkap pelakunya.

Sebab, pelaku juga dinilai spesialis pencurian. Dari gelagat dan kemampuannya membongkar gembok, dia seperti sudah terbiasa melakukan pencurian serupa, khususnya di masjid-masjid.

"Dari mulai masuk masjid, memantau, membuka kotak amal dan pergi. pelaku hanya menghabiskan waktu sekitar 10 menit saja," tandasnya.



(tyk)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook