alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Komplotan Joki CPNS Diamankan di Toraja, Pelaku Asal Makassar

Joni Lembang
Komplotan Joki CPNS Diamankan di Toraja, Pelaku Asal Makassar
Pelaku joki CPNS diperiksa penyidik Polres Tana Toraja. Foto : SINDOnews/Joni Lembang

TANA TORAJA - Seorang pria berinisial MAB (23 tahun) asal Makassar terpaksa harus berurusan dengan polisi Tana Toraja lantaran diduga sebagai pelaku joki CPNS di wilayah tersebut.

Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Pemkab Tana Toraja, Joni Tonglo mengatakan, pria tersebut diamankan usai pelaksanaan tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS hari kedua sesi ketiga yang berlangsung di gedung Tammuan Mali, Selasa (04/02/2020).

Menurut Joni, panitia lokal sudah mengawasi pelaku sebelum pelaksanaan tes CPnS sesi ketiga dimulai karena gerak gerik pelaku yang tidal wajar. Kecurigaan itu berawal saat proses registrasi peserta sesi tiga sekitar pukul 12.30 Wita.



Saat itu, petugas registrasi memanggil nama Hendra yang terdaftar sebagai peserta CPNS untuk melakukan registrasi ulang. Beberapa kali dipanggil yang bersangkutan tidak juga datang ke panitia untuk melakukan registrasi hingga tes SKD sesi tiga dimulai.

Saat semua peserta tes sesi tiga berada di dalam ruangan untuk memulai login, dari layar monitor panitia terpantau kursi peserta atas nama Hendra sudah ada yang menempatinya. Petugas lokal pun langsung berkoordinasi dengan polisi yang bertugas di lokasi tes CPNS.

"Saat dipanggil registrasi peserta atas nama Hendra tidak datang melakukan melakukan registrasi. Tapi saat semua peserta sudah berada di dalam ruangan, tempat duduk peserta atas nama Hendra sudah ada yang menempatinya. Disitulah muncul kecurigaan kami," jelas Joni Tonglo.

Usai pelaksanaan tes sesi tiga, pria yang menempati tempat duduk peserta atas nama Hendra itu langsung diamankan dan dimintai keterangannya oleh petugas. Pria tersebut pun akhirnya mengakui jika dirinya mewakili peserta atas nama Hendra mengikuti tes SKD CPNS. Polisi pun langsung membawa pria itu ke Polres Tana Toraja untuk pemeriksan lebih lanjut.

Selain MAB, polisi juga mengamankan seorang wanitia berinisial SO (24 tahun) dan seorang pria berinisial SA (24 tahun) yang diduga merupakan sindikat MAB.Dugaan sementara, SO berperan mencari peserta tes yang ingin dibantu dengan jasa joki, dan SA sebagai sopir.

"Ketiganya sudah diamankan di Polres Tana Toraja untuk pemeriksaan lebih lanjut. Kami juga sudah melaporkan kejadian ini ke BKN Regional Sulawesi Selatan di Makassar," kata Joni Tonglo.

Sementara itu, Kapolres Tana Toraja, AKBP Liliek Tribhawono mengaku masih melakukan pemeriksaan terhadap para pelaku. "Ketiganya masih dalam pemeriksaan. Soalnya peran masing-masing belum bisa saya kasih keterangan. Nanti kalau sudah selesai pemeriksaan baru, kami beri keterangan," pungkas Kapolres.



(sss)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook