Sekprov Sulsel Dorong Semua Pihak Ciptakan Lingkungan Positif untuk Anak

Kamis, 27 Mei 2021 - 14:10 WIB
loading...
Sekprov Sulsel Dorong Semua Pihak Ciptakan Lingkungan Positif untuk Anak
Sekprov Sulsel, Abdul Hayat Gani saat membuka Festival Forum Anak Sulsel di ruang pola Kantor Gubernur, Kamis (27/5). Foto: Humas Pemprov Sulsel
A A A
MAKASSAR - Sekprov Sulsel, Abdul Hayat Gani , membuka Festival Forum Anak Sulsel, yang digelar secara hybrid di ruang pola kantor Gubernur, Kamis (27/5). Acara ini turut dihadiri Plt Ketua Tim Penggerak PKK Sulsel , Naoemi Octarina secara virtual.

Dalam sambutannya, Abdul Hayat yang mewakili Plt Gubernur Sulsel menyampaikan, Festival Forum Anak Sulsel ini bukanlah tujuan akhir dari forum ini. Tetapi merupakan proses bagi anak sebagai agen pelapor dan pelopor.

Baca Juga: Abdul Hayat
Ia mengungkapkan, seorang anak bisa memiliki sisi positif atau negatif, tergantung stimulan yang mereka peroleh dari lingkungannya. Meskipun orang tua sudah memasukkan anaknya ke lembaga pendidikan yang bagus, tetapi jika stimulan yang diperoleh dari lingkungannya berbeda, maka hasilnya akan jauh dari harapan. "Di sinilah peran kita, bagaimana menciptakan lingkungan yang positif bagi anak-anak kita," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perlindungan Perempuan dan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana Sulsel, Fitriani Zainuddin menyampaikan, forum anak merupakan wadah partisipasi anak dalam rangka pemenuhan hak anak dan perlindungan anak yang dibentuk berjenjang. Mulai dari tingkat nasional, provinsi sampai tingkat kelurahan dan desa.



Seiring dengan berkembangnya forum anak di Sulsel, menurut Fitriani, sudah seharusnya peningkatan kapasitas diberikan kepada forum anak yang berperan sebagai pelopor dan pelapor. Sehingga, pemenuhan hak dan perlindungan anak, mendukung keterlibatan anak dalam partisipasinya dalam perencanaan pembangunan.

"Peningkatan kapasitas tersebut tidak dapat dilakukan oleh forum anak itu sendiri dan merupakan kewajiban negara untuk menghargai dan melindungi hak anak, termasuk hak anak partisipasi aktif melalui forum anak. Oleh karena itu, sangat diperlukan kerja sama semua pihak, antara lain, tentunya pemerintah daerah, dunia usaha, LSM dan media, agar wadah yang telah dibentuk dapat diisi dengan berbagai kegiatan yang positif selaras dengan program pembangunan daerah," urainya.
(luq)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1174 seconds (0.1#10.140)