TOPIK TERPOPULER

Jaringan 5G Telkomsel Kini Hadir di Kota Makassar

Suwarny Dammar
Jaringan 5G Telkomsel Kini Hadir di Kota Makassar
Direktur Utama Telkomsel, Setyanto Hantoro saat peluncuran jaringan layanan 5G. Foto: Istimewa

MAKASSAR - Layanan jaringan 5G dari Telkomsel resmi hadir di sembilan wilayah di Indonesia, salah satunya Kota Makassar.

Direktur Utama Telkomsel, Setyanto Hantoro mengatakan, penyelenggaraan jaringan 5G dapat terwujud berkat konsistensi perusahaan memperkuat kolaborasi bersama pemangku kepentingan.

Baca juga: Tak Perlu Ganti SIM Card, Ini Cara Menjajal Jaringan 5G Telkomsel

Kolaborasi yang dimaksud mulai dari penyedia infrastruktur dan teknologi, produsen perangkat, penyedia platform aplikasi, pemerintah, serta masyarakat.

"Upaya kolaboratif ini akan terus dikembangkan agar Telkomsel dapat memperluas dan mempermudah ketersediaan layanan Telkomsel 5G secara bertahap dan terukur," katanya, dalam rilisnya.

Menurut Setyanto, tahap pertama komersialisasi 5G ini, layanan Telkomsel 5G sudah tersedia di beberapa titik di 9 kota. Di antaranya, mencakup wilayah Telkomsel Smart Office (Jakarta), di beberapa titik tertentu di enam area residensial di DKI Jakarta (Kelapa Gading Jakarta, Pondok Indah, Pantai Indah Kapuk, Bumi Serpong Damai, Widya Chandra, dan Alam Sutera), GraPARI Bandara Soekarno Hatta, GraPARI Pemuda Surabaya.

Layanan ini juga telah hadir di GraPARI Pettarani Makassar, GraPARI Renon Bali, GraPARI Batam Center, GraPARI Telkom Group Medan, GraPARI Solo, Kantor Balai Kota Solo, GraPARI Balikpapan, Telkom University (Bandung) dan Institut Teknologi Bandung.

Baca juga: Murah Bingit! Harga Paket Internet 5G Telkomsel Rp26 ribu Kuota 126GB

Terkait ekosistem berupa smartphone, perangkat yang mendukung layanan Telkomsel 5G masih terbatas. Smartphone tersebut dengan kemampuan teknologi 5G NSA (non-standalone) pada frekuensi 2300 MHz, di antaranya yaitu Oppo Reno 5, Huawei Mate 40, Vivo X60 dan Vivo X60 Pro.

"Telkomsel akan terus memperluas kerja sama dengan berbagai mitra device untuk menghadirkan pilihan yang bervariasi bagi seluruh pelanggan Telkomsel, termasuk dengan Apple dan Samsung," bebernya.

halaman ke-1
TULIS KOMENTAR ANDA!