Digagas Nurdin Abdullah, Kebutuhan Air Bersih Warga Pulau Terpenuhi

Sabtu, 29 Mei 2021 - 10:21 WIB
loading...
Digagas Nurdin Abdullah, Kebutuhan Air Bersih Warga Pulau Terpenuhi
Instalasi unit Pengelolaan Air Siap Minum (Arsinum) yang dirintis oleh Gubernur Sulsel nonaktif, Nurdin Abdullah sudah dan dimanfaatkan masyarakat pulau. Foto: Istimewa
A A A
MAKASSAR - Instalasi unit Pengelolaan Air Siap Minum (Arsinum) yang dirintis oleh Gubernur Sulsel nonaktif, Nurdin Abdullah sudah dan dimanfaatkan masyarakat, terutama warga di pulau.

Ada beberapa pulau di Kota Makassar yang telah mendapat fasilitas kebutuhan dasar tersebut, yakni Pulau Samalona, Pulau Barrang Caddi, serta dua pulau terluar Pulau Lanjukang dan Pulau Langkai.



Sanimah, alah seorang warga Pulau Lanjukang demi air minum yang bersih , warga pulau terpaksa menyeberang ke Kota Makassar membeli air dengan ongkos yang tidak sedikit.

Jika keadaan cuaca tidak memungkinkan, kata dia, warga menunggu air bersih datang hingga berhari-hari, sembari menanti warga hanya bisaminta sumbangan air dari tetangga yang masih memiliki stok. Terkadang, juga hanya memanfaatkan air hujan.

"Besar sekali pengorbanan bapak (Nurdin Abdullah) untuk Pulau Lanjukang. Seandainya bukan dia, tidak ada fasilitas Arsinum seperti ini yang bisa digunakan untukminum dan masak nasi.Kita terus mendoakan pak Nurdin," ujarnya.

Selama aktif sebagai Gubernur Sulsel, sosok Nurdin Abdullah memang dikenal berkomitmen akan mensejahterahkan warga kepulauan. Tak hanya memenuhi kebutuhan air minum dan air bersih, tetapi juga infrastruktur jalan, listrik, dan pendidikan.



Ketua RT Pulau Lanjukang, Jalaluddin mengaku, ada tiga proyek yang telah diselesaikan NA untuk pulau yang dihuni oleh kurang lebih 70 jiwa itu. Diantaranya, Arsinum, perbaikan jalan dengan paving blok mengitari seluruh pulau hingga lampu penerangan.

"Masyarakat sangat senang karena selama ini kendala adalah kebutuhan air. Jika tidak ada air, warga tidak akan mandi dan minum. Badan hanya dibilas-bilas. Alhamdulillah, sekarang semua terpenuhi," bebernya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1892 seconds (0.1#10.140)