Bawa 181 Penumpang, KM Karya Indah Terbakar di Perairan Kepulauan Sula

Sabtu, 29 Mei 2021 - 10:56 WIB
loading...
Bawa 181 Penumpang, KM Karya Indah Terbakar di Perairan Kepulauan Sula
KM Karya Indah terbakar saat berangkat dari Pelabuhan Ahmad Yani Ternate tujuan Pelabuhan Sannaa, Kabupaten Kepulauan Sula, Provinsi Maluku. Foto: Istimewa
A A A
TERNATE - Insiden kapal terbakar menimpa KM Karya Indah yang berangkat dari Pelabuhan Ahmad Yani Ternate tujuan Pelabuhan Sannaa, Kabupaten Kepulauan Sula, Provinsi Maluku.

Kebakaran kapal yang mengangkut 181 penumpang tersebut terjadi pada pukul 7.00 WIT, tepatnya 5 mil dari arah Timur Laut dari Pulau Lifmatola, Sabtu (29/05/2021).



Kapal KM Karya Inda diketahui mengangkut sebanyak 81 orang penumpang itu terdiri dari orang dewasa dan Anak-anak. Berdasarkan rekaman video amatir yang diterima MNC Media, terlihat para penumpang mengalami kepanikan dan berupaya menggunakan baju pelampung milik yang diberikan olek ABK Kapal.

Muhammad Ali Sadad Jainahu, salah satu penumpang kepada MNC Media mengaku, api bermula dari kamar mesin kapal, kemudian api dengan cepat merembet ke badan kapal, sehingga para penumpang panik dan berupaya menyelamtkan diri merek dengan mengunakan baju pelampung dan kemudian terjun kelaut.

“Jadi peristiwa yang terjadi itu api dari mesin kapal , kami panik karena api dari belakag kapal dari kamar mesin semakin membesar. Kita semua lari ke anjungan kapal, kemudian ABK memberikan pelampung kepada semua penumpang. Kami terapung di atas laut kurang lebih selama 2 jam baru ada pertolongan, alhamdulillah kami selamat semua,” ucap Muhammad Ali Sadad.



Kepala Basarnas Ternate Muhamad Arafah mengatakan, setelah menerima informasi, Tim Rescue Unit Siaga SAR Sanana berangkat menuju ke LKP untuk melaksanakan Pencarian dan Pertolongan menggunakan RIB 01, Estimasi Waktu tiba di LKP pukul 10.23 WIT.

"Petugas kemudian melakukan evakuasi para penumpang sehingga semuanya dalam kondisi selamat,” kata Araffa.
(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.3550 seconds (0.1#10.140)