Pokdarwis Kembangkan Kawasan Wisata Hutan Pinus di Maros

Minggu, 30 Mei 2021 - 15:25 WIB
loading...
Pokdarwis Kembangkan Kawasan Wisata Hutan Pinus di Maros
Kawasan Wisata Hutan Pinus Tala tala terletak di Dusun Tala-tala, Desa Bonto Manai, Kecamatan Tompobulu. Foto: Istimewa
A A A
MAROS - Kabupaten Maros memiliki sejumlah lokasi wisata anyar, kali ini kembali populer di kalangan masyarakat yakni objek wisata Hutan Pinus yang dikembangkan oleh pemuda Kelompok sadar wisata (Pokdarwis).

Wisata Hutan Pinus Tala-tala yang terletak di Dusun Tala-tala, Desa Bonto Manai, Kecamatan Tompobulu. disulap menjadi wisata pohon pinus sejak 4 bulan lalu oleh Pokdarwis setempat. Mereka membuat hutan wisata itu setelah melihat adanya potensi.



Kepala Desa Bonto Manai, Abdul Haris mengatakan, awalnya bermula kegiatan ini karena Pemerintah Desa melihat potensi di desa. Sehingga pemuda-pemuda disini mampu untuk mengelola dan membersihkan lahan ini.

"Kami berencana untuk mengembangkan kawasan wisata ini. Sehingga kedepannya bisa meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat yang ada disini, " jelas,

Sejak wisata hutan pinus ini resmi dirintis, antusiasme warga yang berkunjung dari berbagai daerah begitu sangat besar, apalagi ketika memasuki waktu akhir pekan dan libur nasional. Ratusan kendaraan dipastikan memadati tempat wisata tersebut.

"Dalam sehari pengunjung masih bervariasi. Di hari weekend pengunjung bisa mencapai ratusan orang. Rata-rata yang berkenjung adalah pengunjung sekitar Sulsel," ujarnya.

Ketua Pokdarwis Bonto Manai, Dedy menambahkan, demi mengantisipasi terjadinya kerumunan di wisata hutan pinus Tala-tala, pihak pengelola memperketat pemeriksaan protokol kesehatan agar pengunjung selalu disiplin selama berada di lokasi wisata.



"Karena ini masih masa Pandemi Covid, kami tetap memberlakukan protokol kesehatan. Pengunjung yang ingin masuk di kawasan hutan pinus ini wajib pakai masker cuci tangan dan lain lain," ujar Dedy.

Ia melanjutkan, wisata hutan pinus ini selain memiliki panorama keindahan yang masih sangat alami, berbagai fasilitas untuk berswa foto juga disiapkan oleh pengelola agar pengunjung tetap nyaman dan tidak mengalami kebosanan.

"Disini yang menjadi andalan yaitu keindahan hutan pinus nya yang masih alami ditambah suasana yang sejuk, kita juga siapkan tempat berswafoto dan fasilitas penunjang lainnya," kata Dedy.
(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1289 seconds (0.1#10.140)