TOPIK TERPOPULER

Pemkab Pinrang Dorong Pelaku UMKM Melek Digital

Darwiaty Dalle
Pemkab Pinrang Dorong Pelaku UMKM Melek Digital
Wakil Bupati Kabupaten Pinrang, Alimin. Foto: SINDOnews/Darwiaty Dalle

PINRANG - Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Kabupaten Pinrang terus mendorong pengembangan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di tengah pandemi Covid-19. Salah satunya lewat pelatihan digital entrepreneurship academy (DEA).

Kadiskop dan UKM Pinrang, Achmad Radil mengatakan, pelatihan ini diharapkan dapat membuat pelaku UMKM lebih melek dan kreatif memasarkan produk di platform digital, mengakali keterbatasan yang terjadi akibat dampak penyebaran virus corona.

Baca juga: Vaksinasi Covid-19 di Pinrang Mulai Sasar Kalangan Lansia

"Kegiatan sekaligus mendukung program pemerintah pusat menyusul diluncurkannya program literasi digital Indonesia yang diberi nama Indonesia makin cakap digital, di tengah pandemi," katanya, Selasa (1/6).

Achmad menjelaskan, program tersebut bertujuan agar masyarakat Indonesia menggunakan internet secara bijak dan positif. Salah satu tujuan dari program ini adalah pemberdayaan jaringan internet bagi pelaku UMKM (e-commerce).

Selain itu, kata Achmad lagi, program ini bertujuan untuk memberikan gambaran kepada masyarakat mengenai transformasi teknologi digital yang terus berkembang dalam dunia wirausaha.

Baca juga: Warga Pinrang Diminta Tetap Disiplin Terapkan Protokol Kesehatan

"Ke depan sangat kita harapkan kalangan wirausahawan maupun para wirausaha memiliki kemampuan mengakses internet, serta keinginan untuk terus belajar dan belajar, menjadi seorang digital entrepreneurship yang sangat terkait dengan pemanfaatan internet dan sosial media," papar Achmad.

Saat ini, tambah Achmad, tercatat ada sebanyak 29.047 UMKM yang produktif. Angka tersebut, kata dia, terbilang menggembirakan. Melalui pelatihan berbasis aplikasi ini, diharap pelaku UMKM dapat meningkatkan keterampilannya dalam digital marketing.

"Sehingga dapat membantu para pelaku UMKM untuk meningkatkan potensi dan pendapatannya," jelasnya.

halaman ke-1
TULIS KOMENTAR ANDA!