STQH Diharap Jadi Ajang Pembentukan SDM Berkarakter dan Berakhlak

Rabu, 02 Juni 2021 - 15:49 WIB
loading...
STQH Diharap Jadi Ajang Pembentukan SDM Berkarakter dan Berakhlak
Wakil Wali Kota Parepare, Pangerang Rahim, melepas kafilah yang akan mengikuti Seleksi Tilawatil Quran (STQ) dan Hadits ke-32 Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan di Ruang Pola Balai Kota Parepare, Rabu (02/06/2021). Foto: Sindonews/Darwiaty Dalle
A A A
PAREPARE - Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare turut mengirim kafilah mengikuti Seleksi Tilawatil Quran dan Hadits (STQH) ke-32 Tingkat Provinsi Sulsel, di Kabupaten Sidrap.

Ajang ini diharapkan sebagai pembentukan sumber daya manusia (SDM) berkarakter dan berahlak buat seluruh peserta, termasuk dari Kota Parepare .



Hal ini disampaikan Wakil Walikota Parepare, Pangerang Rahim, saat melepas kafilah perwakilan Parepare yang akan mengikuti Seleksi Tilawatil Quran (STQ) dan Hadits ke-32 Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan di Ruang Pola Balai Kota Parepare, Rabu (02/06/2021).

Ia mengatakan, pelaksanaan STQ dan Hadits ke-32, menjadi barometer pembinaan dan pengembangan pendidikan Quran dan Hadits melalui lembaga-lembaga formal dan non formal, yang konsen terhadap pendidikan Quran dan Hadits di Parepare.

”Kita sangat mengapresiasi dan memberi ruang tumbuhnya pembinaan Quran dan Hadits sebagai bagian dan pembentukan sumber daya manusia yang berkarakter dan berakhlak. Hal ini tentu menjadi bagian penting dan memberikan sumbangsih positif dalam rangka membantu pembangunan di kota yang kita cintai,” papar Pangerang.

Pemkot, kata Pangerang, mengharapkan kesinambungan lahirnya peserta-peserta baru, baik dari putra dan putri asal Parepare , anak-anak maupun dewasa untuk memperkuat Kafilah yang mewakili Parepare pada ajang STQ.

"STQ juga wadah mengasah kemampuan menjadi yang terbaik juga merupakan barometer untuk menjalin dan memberi kesempatan yang luas bagi para putra dan putri asli Parepare pada STQ, serta menjalin silaturahim dan semangat pengabdian,” ujar Pangerang.



Ketua Kafilah STQ Parepare, Sitti Aminah Amin mengatakan, sebanyak 15 orang yang akan mengikuti cabang lomba STQ yang akan digelar di Sidrap pada tanggal 2 Juni hingga 7 juni 2021 mendatang.

Cabang lomba yang diikuti diantaranya, tilawah golongan anak-anak putra dan putri, tilawah golongan dewasa putra putri, hifidzil Quran golongan 1 Juz dan tilawah putra putri, Hifdzil Quran Golongan 5 Juz dan tilawah putra dan putri, dan Hifdzil Quran golongan 10 Juz putra putri.

"Sementara Hifdzil Quran 20 Juz hanya diikuti oleh peserta Putra, Hifdzil Quran golongan 30 Juz diikuti oleh putra, Tafsir Quran golongan bahasa Arab diikuti oleh putra, hafalan 100 hadits dengan syarat diwakili peserta putri, dan hafalan 500 hadits tanpa syarat diikuti peserta putri,” tandas Aminah.
(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2428 seconds (0.1#10.140)