Pemkab Lutra Gandeng DJPb Tingkatkan Kualitas Pengelolaan Keuangan

Kamis, 03 Juni 2021 - 16:11 WIB
loading...
Pemkab Lutra Gandeng DJPb Tingkatkan Kualitas Pengelolaan Keuangan
Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani bersama Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) DJPb Syaiful, di Aula La Galigo Kantor Bupati Luwu Utara, Rabu, (2/6/2021). Foto: Istimewa
A A A
LUWU UTARA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu Utara menggandeng Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) untuk meningkatkan pengelolaan keuangan daerah.

Kerjasama dan penandatangan MoU tersebut dilakukan Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani bersama Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) DJPb Syaiful, di Aula La Galigo Kantor Bupati Luwu Utara, Rabu, (2/6/2021).



Selain itu juga dirangkaikan dengan Penandatanganan Dukungan Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM), Penyerahan Buku Kajian Fiskal Regional (KFR) serta Penyerahan Cinderamata berupa Plakat Kanwil DJPb Provinsi Sulsel kepada Bupati Luwu Utara, begitupun juga sebaliknya.

Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani mengatakan, melalui penandatangan ini, dirinya berharap menjadi tambahan motivasi bagi Pemkab untuk melakukan perbaikan dalam peningkatan kualitas pengelolaan keuangan, dan mewujudkannya dalam kinerja aparatur pemerintah yang lebih baik.

“Dalam konteks pengelolaan, sebagai pengguna anggaran, bagaimana menghasilkan atau mempertanggungjawabkan anggaran yang telah digunakan untuk melakukan percepatan pemulihan ekonomi, percepatan dana transfer, khususnya DAK fisik, serta dana desa dan pendampingan peningkatan kualitas laporan Pemda,” tutur Indah.

Terkait, program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), ia mengatakan bahwa pemkab fokus menggerakkan pelaku UMKM yang jumlahnya kurang lebih 12 ribu untuk memiliki akses ke Perbankan melalui penguatan permodalan guna mendapatkan KUR.



“Alhamdulillah, pemkab telah me-launching market place yaitu e-Mall yang di dalam aplikasi tersebut kita bisa mencari dan belanja produk UMKM, produk pertanian, perkebunan atau e-Farming. Target utama kita adalah ASN yang akan kita maksimalkan. Jadi kami mohon dukungan kita semua,” imbuhnya.

Untuk itu, dia berharap melalui MoU ini, pengelolaan keuangan negara di daerah akan semakin maksimal dari waktu ke waktu. “Upaya perbaikan terus kita lakukan dan laporan keuangan dapat kita perbaiki. Walaupun tidak sempurna, tapi kita jua-lah yang menyempurnakannya,” jelasnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3894 seconds (0.1#10.140)