4 Produk Unggulan PKK Bantaeng Ramaikan Pameran HKG

Kamis, 03 Juni 2021 - 17:12 WIB
loading...
4 Produk Unggulan PKK Bantaeng Ramaikan Pameran HKG
Pengurus PKK Bantaeng bersama Plt Ketua PKK Sulsel, Ketua Persit dan Ketua Bhayangkari berfoto bersama di pameran HKG PKK Sulsel di Hotel Four Points by Sheraton, Rabu (2/6). Foto: SINDOnews/Marhawanti Sehe
A A A
MAKASSAR - Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Bantaeng turut meramaikan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK Provinsi Sulawesi Selatan yang berlangsung di Hotel Four Points by Sheraton, Rabu (2/6).

Salah satu rangkaian kegiatan HKG tersebut adalah pameran produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) binaan PKK dari setiap kabupaten dan kota.

Baca Juga: PKK Bantaeng
Ketua TP PKK Bantaeng , Sri Dewi Yanti mengatakan, produk yang diikutkan pameran merupakan binaan yang tersebar di desa-desa yang ada di Kabupaten Bantaeng. Bahkan, setiap produk menggunakan bahan pangan lokal Bantaeng. Sebagai contoh, bawang goreng aray menggunakan bahan dasar bawang yang berasal dari Kecamatan Ulu Ere yang terkenal dengan kualitas bawang merahnya.

Selanjutnya, produk kacang tiras yang berasal dari Desa Bonto Tiro. Produk ini mendapatkan respons positif dari banyak konsumen. "Saya selaku Ketua TP PKK Kabupaten Bantaeng sering membantu memasarkan pada teman-teman di luar Kota Makassar, dan respons mereka bagus dan masih sering mengorder," jelas Sri Dewi kepada SINDOnews, Jumat (3/6).

Produk selanjutnya adalah keripik jamur dari Desa Bonto Bulaeng, Kecamatan Sinoa. Desa ini memang terkenal sebagai penghasil jamur. Salah satu produk olahan jamurnya adalah keripik jamur yang juga banyak diminati.

Baca Juga: PKK Bantaeng
Baca Juga: PKK Bantaeng
Sebagai informasi, terdapat tiga poin visi dan misi Bupati Bantaeng, diantaranya asuransi untuk pertanian, perikanan, dan peternakan, bantuan usaha berbasisi dusun dan RTRW, dan pemberian secara gratis alat kelengkapan sekolah untuk TK, SD, dan SMP untuk anak-anak tahun ajaran baru.

"Tiga hal ini saling bersinergi. Sehingga menghasilkan buatan tas ransel kader-kader dari PKK dan Dekranasda, yang untuk sementara masih kami bagikan secara gratis untuk anak TK," katanya.

Bahkan bukan hanya tas ransel, tapi juga seragam sekolah yang dijahit langsung oleh pelaku usaha di Bantaeng sehingga terjadi perputaran ekonomi. Ke depan, tidak hanya untuk anak-anak TK, tapi pembuatan tas ransel tersebut juga akan dilakukan untuk anak sekolah tingkat SD dan SMP.

Baca Juga: PKK Sulsel
"Harapan kami bahwa PKK provinsi memberikan kami akses untuk membantu meningkatkan UMKM. Akses itu bisa berupa kemudahan izin BPOM, kemudahan akses mendapatkan sertifikat halal dari MUI, kalau kemasan kami sudah diakui, kami ingin dibantu diberikan ruang untuk dipasarkan entah itu tingkat nasional atau internasional. Selama melalui proses sesuai standar, kami siap itu," pungkas Sri Dewi.
(luq)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1322 seconds (0.1#10.140)