alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Harga Bawang Putih Melonjak, Dewan Imbau Antispasi Penimbunan

Ashari Prawira Negara
Harga Bawang Putih Melonjak, Dewan Imbau Antispasi Penimbunan
DPRD Makassar meminta kepada pemerintah agar mengantisipasi penimbunan bawang putih setelah beberapa hari harganya melonjak. Foto: Sindonews/dok

MAKASSAR - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Makassar, meminta kepada pemerintah agar mengantisipasi penimbunan bawang putih, setelah beberapa hari terakhir harganya kian melonjak.

Anggota Komisi B DPRD Kota Makassar Mario David menjelaskan, bahwa sejauh ini diakui stok bawang putih dari kementerian dinilai masih cukup, meski ada beberapa kendala perihal pemblokiran impor dari negara yang terkena virus corona.

Kendati demikian, menurutnya yang perlu dikhawatirkan saat ini ialah adanya indikasi penimbunan stok bawang putih yang bisa memperparah harga.



"Cuman kan kita berharap jangan sampai ada yang bermain juga, karena ini kebutuhan dasar rakyat, tolong jangan bermain-main dengan kebutuhan rakyat kita," harap Mario.

Hal ini kata dia, perlu diinisiasi secepatnya oleh pemerintah lantaran sangat merusak stabilistas pasar. Mario meminta adanya koordinasi pemerintah dengan para pedagang-pedagang besar untuk menjaga sementara stok agar tidak jadi lebih buruk.

"Disdag kita minta untuk turun berkoordinasi dengan teman-teman para pedagang besar untuk mengevaluasi stok kita yang ada di kota," sarannya.

Ketua Komisi B DPRD Kota Makssar William Laurin menjelaskan, bahwa hal ini memang perlu antisipasi secara jeli dari pemerintah, apalagi kenaikan tersebut dinilai tidak lazim.

"Ini memang tugas dari pemerintah khususnya Dinas Perdagangan melihat gejolak-gejolak seperti ini segera mencari tahu dan segera mengantisipasi," ungkapnya.

Adanya indikasi penimbunan juga menjadi sorotan William, dia mengharapkan hal ini bisa menjadi perhatian pemerintah untuk turun melakukan penyelidikan terhadap para pedagang yang diindikasikan menimbun sehingga memperparah kelangkaan.

"Segera turun ke lapangan untuk melihat penyebabnya apa, sumbernya dari mana apakah stok bawang putih yang langkah atau pun ada hal-hal yang bisa diduga semakin merusak stabilitas ternyata ada yang menimbun dan segala macam, ini yang segera dinas perdagangan untuk segera turun tangan," ujar William.



(agn)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook