Kekurangan Hemoglobin Berbahaya, Tingkatkan dengan Konsumsi 5 Makanan Ini

Jum'at, 04 Juni 2021 - 08:18 WIB
loading...
Kekurangan Hemoglobin Berbahaya, Tingkatkan dengan Konsumsi 5 Makanan Ini
Mengonsumsi sejumlah makanan bisa meningkatkan kadar hemoglobin dalam tubuh. Foto: Istimewa
A A A
JAKARTA - Hemoglobin (Hb) memiliki peran krusial dalam tubuh. Rendahnya tingkat hemoglobin berdampak buruk terhadap kesehatan karena tubuh kekurangan zat besi .

Dampak tersebut dapat dilihat dari gejala awalnya seperti kelelahan, rambut rontok, sakit kepala, pusing, dan detak jantung cepat.

Untuk mengatasi gejala tersebut, seseorang harus melakukan pemeriksaan berkala selama setahun sekali guna memastikan semuanya terkendali. Kadar hemoglobin normal adalah 14 hingga 18 g/dl untuk pria dewasa dan 12 hingga 16 g/dl untuk wanita dewasa.

Menurut Australian Recommended Dietary Intake (RDI), pria di atas usia 19 tahun harus mengonsumsi sekira 8 miligram zat besi setiap hari. Di sisi lain, wanita berusia 19 hingga 50 tahun diharuskan mengonsumsi 18 miligram zat besi setiap hari.



Berikut beberapa makanan sehat yang dapat meningkatkan kadar hemoglobin tubuh, seperti dikutip dari laman Times of India.

1. Mengonsumsi smoothies

Jika Anda menyukai smoothies yang sehat, maka perlu mencoba smoothies yang mengandung zat besi. Ini merupakan sarapan sempurna setelah berolahraga.

Hanya dengan tiga bahan, Anda dapat membuat smoothies bergizi dengan cara termudah. Cukup tambahkan segenggam daun bayam ke dalam blender, masukkan bit cincang dan apel sesuai selera, kemudian campur semuanya menjadi satu. Anda bisa menambahkan satu sendok madu untuk sedikit rasa manis.

Kandungan dalam satu buah apel mengandung 0,31 miligram zat besi, sedangkan 100 gram bit mengandung 0,8 miligram. Bayam kaya akan zat besi karena mengandung 4 miligram per 100 gram.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1582 seconds (0.1#10.140)