MNP Disebut Sumbangan Investasi Luar Biasa Bagi Bangsa dan Negara

Jum'at, 04 Juni 2021 - 12:29 WIB
loading...
MNP Disebut Sumbangan Investasi Luar Biasa Bagi Bangsa dan Negara
Deputi I Kantor Staf Presiden (KSP) Bidang Infrastruktur, Energi dan Investasi, Febry Calvin Tetelepta meninjau perkembangan MNP, Kamis (3/6/2021). Foto: Istimewa
A A A
MAKASSAR - Deputi I Kantor Staf Presiden (KSP) Bidang Infrastruktur, Energi dan Investasi, Febry Calvin Tetelepta, menilai Makassar New Port (MNP) memiliki nilai yang sangat strategis dan investasi yang dibuat PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) ini merupakan sumbangan yang luar biasa bagi bangsa dan negara.

Hal itu diungkapkan Febry usai melakukan pertemuan dengan Danlantamal VI Makassar, Kapolda Sulawesi Selatan, Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan (OP) Utama Makassar, Direktur Teknik PT Pelindo IV, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan , di Kantor MNP, Kamis (3/6/2021) sore.

Pertemuan yang membahas soal jalur kereta api Makassar-Parepare, akses tol MNP dan pembangunan dermaga Lantamal VI Makassar tersebut turut dihadiri perwakilan Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar, Pemerintah Kabupaten Maros, Pemerintah Kabupaten Pangkep, Pemerintah Kabupaten Barru, serta beberapa instansi terkait lainnya.

Febry menuturkan, dirinya melihat bahwa Pelindo IV memiliki prospek yang luar biasa. “Kita tahu persis bahwa prospek itu akan kita sambut pada 2023 nanti, ketika 1 juta TEUs peti kemas dilayani oleh Pelindo IV dan MNP merupakan pelabuhan yang strategis di Indonesia Timur,” ujar dia.



Menurutnya, posisi Sulsel atau Makassar, menjadi hub yang strategis bagi semua komoditas regional Indonesia Timur untuk keluar baik itu ke Indonesia Barat atau ke mancanegara. “Oleh sebab itu, MNP memiliki nilai yang sangat strategis. Investasi yang dibuat oleh Pelindo IV di Sulsel ini merupakan sesuatu yang luar biasa sumbangannya bagi bangsa dan negara,” tegas Febry.

Dia mengatakan, Pelindo IV dialiri oleh dua alur kepulauan laut Indonesia yang strategis, yaitu ALKI II dan ALKI III yang masuk dalam wilayah BUMN operator kepelabuhanan ini. Hal itu membuat arus barang yang akan dilayani oleh Pelindo IV atau di Pelabuhan Makassar, baik ke pasifik maupun ke asia yang lain, merupakan sebuah peluang bisnis yang luar biasa.

“Dan 1 juta TEUs peti kemas nanti itu tidak bisa dilayani hanya dengan sebuah infrastruktur yang biasa-biasa saja, gak bisa. Harus dilayani dengan sesuatu yang high tech, dengan infrastruktur yang bisa membuat konektivitas ini bisa berjalan dengan baik," jelasnya.

"Konektivitas yang dimaksud adalah bukan hanya di laut, tetapi juga di darat. Nah oleh sebab itu secara sengaja, kami mempersiapkan jalan tol yang terkoneksi dengan MNP, kami juga mendorong untuk jalur kereta api ini agar juga terkoneksi dengan MNP, sehingga dorongan barang dari dan ke MNP ini bisa berjalan dengan baik,” sambung Febry.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1373 seconds (0.1#10.140)