Tiga BUMDes di Kabupaten Gowa Dapat Bantuan Permodalan

Minggu, 06 Juni 2021 - 13:04 WIB
loading...
Tiga BUMDes di Kabupaten Gowa Dapat Bantuan Permodalan
Tiga BUMDes di Kabupaten Gowa mendapatkan bantuan permodalan senilai Rp75 juta dari pemerintah pusat. Foto: Ilustrasi
A A A
SUNGGUMINASA - Sebanyak tiga Badan Usaha Milik Desa ( BUMDes ) di Kabupaten Gowa mendapatkan bantuan permodalan program pengembangan ekonomi dan investasi desa, pembangunan daerah tertinggal dan transmigrasi sebesar Rp75 juta dari pemerintah pusat.

Kepala Bidang Pengembangan dan Usaha Ekonomi Desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Gowa , Rizki Wahyuni mengatakan, bantuan ini berasal dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi ( Kemendesa PDTT ) RI dan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI.

"BUMDes yang menerima bantuan yaitu BUMDes Je'netallasa, BUMDes Kamplili dan BUMDes Minasa Te'ne Bontomanai Kecamatan Bungaya. Sementara satu diantaranya yaitu BUMDes Je'netallasa itu mendapat bantuan dari anggota DPR RI, Hamka B Kady. Sedangkan yang lainnya mendapatkan bantuan dari Kemendesa PDTT," jelasnya, Minggu (6/6/2021).

Kiki sapaan akrab Rizki Wahyuni menyebutkan, ketiga BUMDes yang menerima bantuan ini bergerak di unit usaha yang berbeda. BUMDes Minasa Te'ne Bontomanai, bergerak di bidang budidaya tanaman porang.



Kemudian BUMDes Je'netallasa begerak di bidang usaha penjualan bahan-bahan campuran atau BUMDes Mart dan juga unit pariwisata dan BUMDes Kamplili bergerak di bidang catering.

"Yang mendapat bantuan ini BUMDes yang selama ini memang belum mendapat bantuan sama sekali. Kami beharap bantuan ini agar bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk mengembangkan unit usaha masing-masing badan usaha milik desa," ujarnya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan BUMDes yang menerima bantuan ini merupakan hasil usulan proposal yang diserahkan oleh Bidang Pembangunan dan Usaha Ekonomi Desa Dinas PMD Kabupaten Gowa kepada Kemendesa PDTT akhir tahun lalu.

"Di bulan Desember 2020 lalu kami mengusulkan 30 proposal ke Kementerian Desa untuk mendapatkan bantuan. Kemudian di bulan Maret, kami dapat info bahwa tidak semua akan diberikan bantuan, tetapi hanya ada tiga yang dapat bantuan dan bulan Mei turun dananya beserta dengan syarat-syaratnya" jelasnya.

Kedepan pihaknya akan terus menggenjot pengusulan proposal permohonan bantuan untuk BUMDes yang ada di Kabupaten Gowa. Apalagi menurutnya setiap tahunnya ada bantuan untuk BUMDes, tinggal bagaimana Dinas PMD yang pro aktif melakukan pengusulan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2409 seconds (0.1#10.140)