Penyebab Kebakaran di Rutas Kelas 1 Makassar Terus Diusut

Minggu, 06 Juni 2021 - 20:05 WIB
loading...
Penyebab Kebakaran di Rutas Kelas 1 Makassar Terus Diusut
Kondisi gudang penyimpanan kaos di Rutan Makassar yang terbakar pada Minggu, (06/06/2021) dini hari. Foto: Istimewa
A A A
MAKASSAR - Insiden kebakaran yang terjadi di ruang penyimpanan kaos di Rutan Kelas 1 Makassar , yang terjadi Minggu (6/6) dini hari terus diusut.

Kepala Rutan Kelas I Makassar , Sulistyadi menyatakan penyelidikan dilakukan untuk mengetahui penyebab pasti peristiwa yang terjadi sekitar pukul 00.55 Wita.



"Iya ada penyelidikan juga dari Kantor Wilayah Kemenkumham Sulsel. Sedang berproses melakukan pendalaman," ungkapnya kepada KORAN SINDO, Minggu, (06/06/2021).

Dia mengatakan, kebakaran terjadi di salah satu gudang tempat penyimpanan kaos tahanan dan peralatan makan. Beruntung tak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Walau begitu kata Sulistyadi kerugian ditaksir mencapai Rp10 Juta.

Gudang yang terbakar kata Sulistyadi berdekatan dengan ruang tahanan blok b , Alhasil sejumlah tahanan terpaksa dievakuasi. "Kami pindahkan ke blok I, dibantu personel kepolisian dan juga TNI. Sampai sekarang masih berada di Blok I," ucapnya.

Blok B, lanjut Sulistyadi dihuni oleh warga binaan baru yang masih menjalani masa pengenalan lingkungan (Mapenaling). "Hari Senin itu rencananya kai lakukan pembekalan ke mereka, istilahnya Mapenaling. Iya baru masuk kemarin sore kami pindahkan setelah dites kesehatannya," tuturnya.

Menurutnya, kebakaran dipicu korsleting listrik di gudang itu. Dia mengatakan salah satu sambungan kabel diduga bermasalah sehingga timbul percikan api dan mengenai kardus pakaian.



"Mungkin sambungan (kabel listrik) nya yang tidak pas," kata Sulistyadi.

Kadiv Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Sulsel, Edi Kurniadi mengaku pihaknya bukan melakukan semacam investigasi, namun lebih kepada peninjauan. Dia mengklaim kejadian itu murni akibat korsleting listrik.

"Tidak ada kelalaian (petugas). Bukan (penyelidikan). Ruanganya itu ada instalasi listriknya yang terbakar, paling dua hari sudah selesai perbaikannya. Karena disitu (gudang) dekat blok hunian , yah kita ungsikan dulu. Kalau sudah diperbaiki instalasi listriknya baru kita kembalikan lagi," paparnya.
(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1823 seconds (0.1#10.140)