alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Kasus Paud Bone Digantung, Polisi dan Jaksa Saling Tuding

Muhammad Chaidir
Kasus Paud Bone Digantung, Polisi dan Jaksa Saling Tuding
Tersangka kasus dugaan korupsi pengadaan buku PAUD Disdik Bone yang juga istri Wakil Bupati Bone, Erniati. Foto : Istimewa

MAKASSAR - Kasus dugaan korupsi pengadaan buku PAUD Disdik Bone yang melibatkan istri Wakil Bupati Bone, Erniati menyisakan tanda tanya. Pasalnya penanganan kasus tersebut terkesan digantung, sementara Polres dan Kejari Bone saling lempar tanggung jawab.

Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Bone, Ary Satriana sendiri berdalih, usai menyatakan belum lengkap, berkas perkara tersebut belum dikembalikan lagi ke pihak kejaksaan oleh penyidik kepolisian.

Namun demikian, Ary menolak berkomentar saat ditanyai mengapa berkas perkara dinyatakan tidak lengkap, padahal kasus sudah disupervisi Polda Sulsel. "Kalau itu domain penyidik pertanyaannya," singkatnya melalui WhatsApp messenger.



Sementara itu Kasatreskrim Polres Bone saat coba dikonfirmasi belum juga merespon panggilan seluler yang dilayangkan, begitu juga pertanyaan yang diajukan melalui WhatsApp messenger, hanya dibacanya dan tidak ditanggapi.

"Kita kan tau prosedur penetapan tersangka itu harus memenuhi dua alat bukti yang memadai, tetapi yang kita pertanyakan ada apa kenapa berkasnya justru dikembalikan dan sampai sekarang belum juga kembali," ketus aktivis anti korupsi ACC Sulawesi, Angga Reksa.

Angga menegaskan, sejumlah kejanggalan juga terjadi dalam penanganan kasus tersebut, salah satunya yakni tidak ditahannya Erniati oleh penyidik, sementara tersangka lain dalam kasus tersebut dijebloskan ke penjara.

Atas dasar tersebut Angga meminta agar Polda Sulsel bahkan Propam Polda Sulsel memeriksa Kapolres Bone serta penyidik dalam perkara ini. Dia menyebut apa yang telah dilakukan penyidik dalam perkara ini seolah mempertontonkan pada publik bahwa kalangan pejabat yang tersangkut perkara korupsi akan kebal hukum.

"Makanya kita berharap Polda Sulsel dan Propam Polda memeriksa Kapolres Bone bahkan Penyidik kasus tersebut, karena sangat ganjil jika perkaranya sampai saat ini perkara itu belum juga rampung," tukasnya.



(sss)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook