alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Ajaran Rasulullah untuk Hadapi Dajjal, Hafal Surah Al Kahfi

Sri S Syam
Ajaran Rasulullah untuk Hadapi Dajjal, Hafal Surah Al Kahfi
Kisah kesesatan Dajjal telah banyak diceritakan di hadist. Peringatan munculnya iblis tersebut juga tak hentinya digaungkan para ulama agar kita tidak terjerumus bersama dajjal di neraka jahannam. Foto : Ilustrasi/Istimewa

MAKASSAR - Kisah kesesatan Dajjal telah banyak diceritakan di hadist. Peringatan munculnya iblis tersebut juga tak hentinya digaungkan para ulama agar kita tidak terjerumus bersama dajjal di neraka jahannam.

Dajjal menjadi momok yang harus siap dihadapi umat manusia sebagai penguji keimannya kepada Allah SWT. Dan tahukah kamu, jika telah tiba saatnya, dajjal akan menjelajahi bumi selama 40 hari dan masuk ke seluruh penjuru dunia, kecuali dua kota suci Mekkah dan Medinah.

Dilansir dari Ensiklopedia Akhir Zaman milik Dr Muhammad Ahmad Almubayyadh, dajjal sejatinya hanya akan keluar selama 40 hari, namun hari pertama terasa seperti setahun, hari kedua seperti sebulan, hari ketiga bagai seminggu, dan hari berikutnya seperti hari biasanya.



Ada perbedaan pendapat mengenai ini, ada ulama yang mengatakan makna setahun, sebulan dan seminggu adalah real, dalam artian dajjal akan membuat kerusakan selama setahun, dua bulan 14 hari. Namun ada juga yang berpendapat bahwa itu memang satu hari namun terasa sangat lama seakan-akan setahun.

Setiap pelosok desa, pelosok gang dan bahkan tempat-tempat terpencil akan ia tapaki. Ia akan mengumpulkan banyak pengikut. Orang-orang yang mengikutinya akan mendapat banyak kenikmatan, negeri-negeri yang mempercayainya akan mendapat hujan dan subur. Hal sebaliknya terjadi pada orang-orangberiman dan negeri-negeri yang memusuhinya, mereka dibunuh dan negeri mereka menjadi tandus.

Dajjal akan menjelajahi seluruh penjuru dunia dan memasukinya kecuali dua tempat suci yakni Mekkah dan Madinah. Ia terhalang oleh barisan para malaikat yang menghunuskan pedang di tujuh pintu masuk kota tersebut, satu pintu dijaga dua malaikat.

Namun tinggal di Madinah belum berarti aman, Madinah akan digoncang dengan kuat. Dari sana orang-orang munafik akan keluar dari Madinah, beberapa diantara mereka yang keluar akhirnya terkena fitnah dajjal, sementara yang masih bertahan di Madinah akan aman.

Untuk tameng pribadi dari fitnah dajjal, Rasulullah Shaalallahu Alaihi Wassalam telah mengajari kita menghapal Surah Al Kahfi, setidaknya 10 ayat pertama. Inilah yang akan menjadi benteng bagi setiap muslim saat berhadapan dengannya. Semoga kita menjadi salah satu manusia yang selamat dari fitnah dajjal.



(sss)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook