TOPIK TERPOPULER

Sebuah Studi Ungkap Khasiat Pare untuk Obati Kanker

Diana Rafikasari
Sebuah Studi Ungkap Khasiat Pare untuk Obati Kanker
Sebuah studi mempertegas khasiat pare yang bisa membantu mengobati kanker. Foto: Ilustrasi/Medical News Today

JAKARTA - Sejak dulu, pare dikenal memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Sebuah studi mempertegas hal tersebut, dimana pare disebut bisa membantu mengobati kanker. Studi tersebut dilakukan Porf Ratna Ray dari Universitas Saint Louis di Missouri dan rekan-rekannya.

Dilansir dari Medical News Today, Senin (7/6/2021), dalam percobaan menggunakan model tikus, ekstrak pare efektif dalam mencegah kanker tumbuh dan menyebar. Prof Ray dibesarkan di India, jadi dia tidak hanya akrab dengan kuliner pare, tetapi juga dengan khasiatnya.

Baca Juga: Ekstrak Teh Hijau Diklaim Berkhasiat Atasi Sel Kanker

Hal ini membuatnya penasaran, apakah pare juga memiliki sifat yang efektif untuk pengobatan antikanker. Dia dan rekan-rekannya menguji dalam studi pendahuluan menggunakan ekstrak pare pada berbagai jenis sel kanker, termasuk sel kanker payudara, prostat, kepala dan leher.

Dalam percobaan lebih lanjut menggunakan model tikus, para peneliti menemukan bahwa ekstrak pare mampu mengurangi kejadian kanker lidah. Prof Ray dan tim mencoba mencari tahu apa yang mungkin memberi manfaat senyawa pare untuk melawan sel kanker.



Baca Juga: Angka Kematian Akibat Kanker Paru Terus Meningkat, Apa yang Perlu Dilakukan?

Mereka menggunakan model tikus untuk mempelajari mekanisme interaksi ekstrak pare dengan tumor kanker mulut dan lidah. Ditemukan ekstrak pare berinteraksi dengan molekul yang memungkinkan glukosa dan lemak menyebar ke seluruh tubuh.

Dalam beberapa kasus, hal ini 'memberi makan' sel kanker dan memungkinkan mereka untuk berkembang. "Semua studi model hewan yang telah kami lakukan memberikan hasil yang serupa, pengurangan pertumbuhan tumor sekitar 50%,” kata Prof Ray.

Masih belum jelas apakah pare akan memiliki efek yang sama pada manusia atau tidak, tetapi Prof Ray dan rekan menjelaskan bahwa, ke depan, inilah yang ingin mereka ketahui.

“Langkah kami selanjutnya adalah melakukan studi percontohan pada (orang dengan kanker) untuk melihat apakah pare memiliki manfaat klinis dan merupakan terapi tambahan yang menjanjikan untuk perawatan saat ini,” jelas Prof Ray.



Baca Juga: Hati-Hati, Ada Produk Tabir Surya yang Bisa Memicu Kanker



(agn)

preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!