alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Pemkab Tana Toraja Telat Bayar Gaji ASN, Ini Sebabnya

Joni Lembang
Pemkab Tana Toraja Telat Bayar Gaji ASN, Ini Sebabnya
Pembayaran Gaji ASN di Pemkab Tana Toraja terlambat dibayarkan. Foto: Istimewa

TORAJA - Pemerintah kabupaten (pemkab) Tana Toraja terlambat membayar gaji bulan Februari Aparatur Sipil Negara (ASN) di daerahnya.

Informasi yang diperoleh di lapangan, gaji ASN di bulan Februari seharusnya dibayarkan tanggal 3 atau 4 Februari. Namun, proses realisasi gaji ASN di bulan ini tidak tepat waktu dan ditunda beberapa hari. Bahkan, diduga ada ASN di sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) yang belum dibayarkan gajinya oleh pemkab Tana Toraja.

"Memang benar ada keterlambatan pembayaran gaji bulan Februari ASN Tana Toraja beberapa hari. Tapi, keterlamban pembayaran itu bukan karena kas daerah kosong seperti wacana yang berkembang di luar. Wacana itu sama sekali tidak benar," jelas Kepala Bidang (Kabid) Anggaran Dinas Pengelolah Keuangan dan Aset Daerah (DPKAD) Tana Toraja, Muhammad Sofwan Adha di Makale, Kamis(13/2/2020).



Dia menjelaskan, keterlambatan pembayaran gaji ASN bulan Februari disebabkan ada perubahan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) nomor 139 tahun 2019 tentang Pengelolaan Dana Bagi Hasil, Dana Alokasi Umum dan Dana Otonomi Khusus.

Sebelum ada perubahan PMK 139 itu, ada enam syarat yang harus dipenuhi pemerintah daerah untuk pencairan DAU. Keenam syarat itupun sudah dipenuhi pemkab Tana Toraja dan dikirim ke pusat untuk pengajuan DAU bulan Februari.

Namun, adanya perubahan PMK nomor 139, dari enam persyaratan pengajuan pencairan DAU bertambah menjadi tujuh persyaratan. Sehingga dokumen persyaratan pengajuan pencairan DAU yang sudah dikirim ke pusat dikembalikan ke daerah untuk melengkapi satu persyaratan tambahan itu.

Tambahan persyaratan itupun katanya, sudah dilengkapi dan dikirim kembali ke pusat untuk diverifikasi. Meski begitu, pengajuan pencairan DAU bulan Februari ke pusat tidak tepat waktu karena harus melengkapi satu persyaratan tambahan itu sehingga transfer DAU dari pusat ke rekening kas daerah tertunda beberapa hari.

"Setahu saya, gaji ASN bulan Februari sudah dibayar. Tapi, saya tidak tahu persis apakah masih ada ASN yang saat ini belum dibayarkan gajinya. Nanti saya cek lagi ke bidang perbendaharaan," jelasnya.

Ketua Komisi II DPRD Tana Toraja, Kendek Rante menyayangkan proses realisasi gaji ASN bulan Februari 2020 tidak bisa tepat waktu. Pasalnya, gaji merupakan hak ASN yang harus mereka terima pada tepat waktu.

"Kalau terlambat satu atau dua hari masih wajar. Tapi, kalau terlambat lebih dari seminggu bisa membuat kalangan ASN resah dan itu harus dijelaskan pemerintah, apa permasalahannya" kata Legislator Partai Golkar itu.



(agn)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook