alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Pemkot Makassar Keluarkan Imbauan Larang Pelajar Ikut Valentine

Vivi Riski Indriani
Pemkot Makassar Keluarkan Imbauan Larang Pelajar Ikut Valentine
Ilustrasi valentine. Foto: Istimewa

MAKASSAR - Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar telah mengeluarkan imbauan larangan bagi pelajar untuk ikut merayakan hari valentine pada 14 Februari 2020.

Surat edaran nomor 800/158/DISPORA/II/2020 itu dikeluarkan sejak 10 Februari lalu dan telah disebar ke seluruh sekolah se-Kota Makassar.

Plt Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Makassar, Aziz Hasan mengatakan, larangan ini untuk menghindarkan pelajar dari kegiatan yang bertentangan dengan norma budaya dan sosial.



Apalagi, menurut dia, perayaan valentine bukan merupakan budaya masyarakat Indonesia khususnya Kota Makassar. Untuk itu, dia meminta kepada seluruh kepala sekolah agar mengimbau siswanya tidak ikut merayakan hari kasih sayang itu.

"Kita sudah keluarkan edaran, jadi kalau dia (sekolah) melanggar yah kita tindak, kan tidak boleh karena sudah kita kasih tahu," tegas Azis, Kamis (13/2/2020).

Olehnya itu, dia menyarankan kepada pihak sekolah untuk membuat kegiatan yang lebih bermanfaat tepat di hari valentine. Harapannya agar momen ini tidak disalahartikan oleh sejumlah pihak, khususnya bagi pelajar.

Seperti, kegiatan sosial menyantuni atau makan bersama anak yatim, gelandangan, ataupun pengemis di luar jam belajar mengajar.

"Makanya kita minta guru dan kepala sekolah itu buatkan para siswa itu kegiatan supaya mereka tidak cenderung keluar ikut-ikutan," bebernya.

Meski begitu, kata Azis, pengawasan terhadap para siswa tidak bisa dibebankan sepenuhnya ke pihak sekolah. Perlu ada pengawasan dari orang tua atau wali siswa agar ketika di luar jam sekolah mereka tidak ikut terlibat kegiatan yang melanggar norma.

"Kalau sudah selesai jam sekolah itu sudah di luar tanggung jawab kami, makanya kita imbau orang tua juga ikut mengawasi," terangnya.



(man)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook