TOPIK TERPOPULER

455 Orang Calon Jamaah Haji Asal Wajo Batal ke Tanah Suci

M Reza Pahlevi
455 Orang Calon Jamaah Haji Asal Wajo Batal ke Tanah Suci
Calon jamaah haji menunggu pemberangkatan tahun 2017 lalu. Tahun ini, pemerintah memutuskan tak memberangkatkan calon jamaah haji ke tanah suci Mekah. Foto: SINDOnews/Muchtamir Zaide

WAJO - Kementerian Agama RI mengumumkan pembatalan pemberangkatan haji 2021 pada 2 Juni 2021 lalu. Di Kabupaten Wajo, ada 455 calon jamaah haji yang batal berangkat ke tanah suci Mekah.

Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Wajo, Abdul Hafid menyampaikan, 455 calon jamaah haji itu sejatinya adalah calon jamaah haji yang juga batal berangkat tahun 2020.

Baca juga: Haji 2021 Batal, FKDT Nilai Pemerintah Sudah dengan Pertimbangan Matang

"Jumlahnya masih sama tahun lalu, karena kuota tahun lalu yang tertunda itu sedianya diberangkatkan tahun ini (2021)," ujarnya, Selasa (8/6).

Abdul Hafid lebih jauh merinci, dari 455 calon jamaah haji asal Kabupaten Wajo ini, 53 orang di antaranya merupakan kalangan lanjut usia (lansia). Satu orang lainnya adalah pembimbing dari Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH).

Menteri Arab Saudi: Detail soal Haji 2021 Segera Diumumkan

Sampai saat ini kata Hafid, pihaknya masih menunggu instruksi dari Kantor Wilayah Kementerian Agama Sulsel terkait SK Kementerian Agama 660 terkait Pembatalan Keberangkatan Haji.

"Kita masih menunggu dulu petunjuk teknis tindak lanjut KMA 660 tahun 2021 dari Bidang Haji Kanwil," tandasnya.



(luq)

TULIS KOMENTAR ANDA!