TOPIK TERPOPULER

Alokasikan Rp55 Miliar, Pasar Sentral Bulukumba Bakal Direnovasi

Eky Hendrawan
Alokasikan Rp55 Miliar, Pasar Sentral Bulukumba Bakal Direnovasi
Kondisi pasar sentral Bulukumba yang akan direnovasi tahun ini menggunakan anggaran Rp55 Miliar. Foto: Istimewa

BULUKUMBA - Pemerintah Kabupaten Bulukumba akan merenovasi Pasar Sentral yang terletak di Jalan Sam Ratulangi, Kelurahan Caile, Kecamatan Ujung Bulu dengan gaya modern dengan mengalokasikan anggaran Rp55 Miliar.

Bupati Bulukumba, Andi Muchtar Ali Yusuf menyampaikan jika proses perombakan Pasar Sentral akan mulai dilakukan tahun 2021 ini, dengan anggaran sebesar Rp 55 milliar.

Baca Juga: Peserta Asal Bulukumba Diharap Raih Juara STQH Tingkat Provinsi

Ia mengatakan jika indikator suatu daerah dilihat dari perkembangan ekonominya yang ditopang dari sarana dan prasarana yang disediakan di pusat perbelanjaan, seperti pasar.

Menurut Andi Utta, masyarakat Bulukumba itu konsumtif, namun tidak membelanjakan uangnya di daerahnya sendiri. Mereka malah lebih memilih untuk keluar ke daerah lain demi membeli kebutuhannya.



"Kalau pasarnya mengeliat berarti dia punya daya beli. Sudah pasti perekonomian di Bulukumba akan membaik," tegasnya.

Andi Utta juga membeberkan jika dalam pekerjaan renovasi pasar, anggaran yang akan dikucurkan ini pada APBD-P serta target penyelesaiannya Mei 2022.

"Anggaran yang akan digunakan sebesar Rp 55 miliar. Saya ada target, Mei tahun depan diharapakan bisa selesai, program saya di perubahan ini (APBD-P,red) bisa dikerjakan langsung," kata Andi Utta.

Baca Juga: Wakil Ketua TP PKK Bulukumba Ajak Cegah Tindak Kekerasan Seksual

Lebih lanjut, Andi Utta berupaya di pemerintahannya, Bulukumba akan menjadi rujukan bisnis dan pusat perdagangan di Sulawesi Selatan. Agar masyarakat pribumi tidak perlu lagi keluar daerah hanya untuk berbelanja.



"Orang Bulukumba akan membelanjakan uangnya di Bulukumba, termasuk masyarakat kabupaten tetangga," tegasnya.

Andi Utta yang juga dengan background pengusaha itu, menjelaskan model pasar sentral yang akan direnovasi. Masing-masing komoditi kebutuhan dari sandang hingga pangan akan dibagun menurut klasternya.

"Semua akan dilengkapi, termasuk semua jenis makanan dan yang bermerk, supaya warga Bulukumba yang komsumtif tidak lagi ke daerah lain. Karena semuanya sudah ada," jelas Andi Utta.

Baca Juga: Optimalkan Potensi Perikanan, Pemkab Bulukumba Gagas Program 1000 Rumpon

Sementara Kepala Dinas Perdagangan Bulukumba, Muntahsier Nawir, membenarkan rencana renovasi pasar yang akan di lakukan oleh Bupati Bulukumba.

"Rencananya pak Bupati usahakan di kerja di anggaran perubahan," ucapnya saat di konfirmasi via Whatsapp.



(agn)

preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!