alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Genjot Perkembangan Potensi Wisata, Ini Kiat Disparbud Sinjai

Irman Bagoseng
Genjot Perkembangan Potensi Wisata, Ini Kiat Disparbud Sinjai
Salah satu destinasi wisata di Kabupaten Sinjai yakni Tongke-tongke atau hutan bakau. Foto: Istimewa

SINJAI - Pemerintah Kabupaten Sinjai melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud), terus menggenjot perkembangan potensi wisata di daerah ini.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Sinjai, Haerani Dahlan mengatakan, memang Sinjai memiliki berbagai obyek wisata dan terus dikembangkan.

"Namun tentunya perlu kesadaran bersama, komitmen yang kuat, konsisten untuk menerapkan sapta pesona, kreatifitas pelaku usaha dan sinergitas yang baik diantara stakeholder pariwisata," katanya.



Dirinya menjelaskan, hal itu tak lain meningkatkan kesadaran pelaku usaha dan kepekaan terhadap kepariwisataan di masing-masing zona.

Olehnya itu, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Sinjai, memiliki berbagai program dalam upaya menjadikan Sinjai sebagai destinasi wisata.

"Termasuk berupaya meningkatkan sumber daya manusia pelaku pariwisata dengan melaksanakan berbagai pelatihan," tukasnya.

Terlebih lagi tahun ini pihaknya mendapatkan Dana Alokasi Khusus (DAK) pengembangan non fisik.

"Alhamdulillah tahun ini kita mendapatkan dana DAK non fisik, untuk melaksanakan pelatihan peningkatan SDM pengelola wisata sebanyak tujuh jenis pelatihan, dan rencananya akan kita mulai pada bulan April mendatang," ujarnya.

Pelatihan tersebut diantaranya, pelatihan tata kelola destinasi wisata, pelatihan ekowisata, pelatihan pengembangan home stay, pelatihan pemandu wisata kuliner, pelatihan pemandu wisata tematik, serta pelatihan pemandu wisata sejarah dan warisan budaya.

Olehnya itu ia berharap, dukungan dan peran serta masyarakat untuk mensukseskan berbagai kegiatan yang akan dilaksanakan, guna mencapai masyarakat Sinjai yang sejahtera, mandiri dan berdaya-saing .



(agn)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook