TOPIK TERPOPULER

Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum Kini Hadir di Kota Makassar

Suwarny Dammar
Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum Kini Hadir di Kota Makassar
Peresmian SPKLU di PLN ULP Mattoanging, Makassar, Sulsel, Kamis (10/5). Peresmian dihadiri Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman. Foto: Dokumentasi PLN

MAKASSAR - PLN meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang berada di PLN ULP Mattoanging, Makassar, Sulsel, Kamis (10/5). Stasiun ini jadi yang pertama di Indonesia timur.

Hadir dalam peresmian, Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN, Bob Saril, Direktur Bisnis Regional Sulawesi, Maluku, Papua dan Nusa Tenggara PLN, Syamsul Huda, para pimpinan perusahaan serta pemilik kendaraan listrik dan pemerintah daerah setempat.

Baca juga: 170 Lahan Milik PLN di Sulawesi Tenggara Berhasil Diamankan

Di Indonesia, PLN telah memiliki SPKLU sebanyak 31 unit, tersebar di titik strategis metropolis. Rencananya, 5 SPKLU lainnya akan dibuat pada jalur tol lintas Jawa sehingga dapat memenuhi target 67 unit tahun ini. PLN berharap jumlah SPKLU ini terus bertambah menjadi 1.558 unit pada 2025.

Direktur Bisnis Regional Sulawesi, Maluku, Papua dan Nusa Tenggara PLN, Syamsul Huda mengatakan, SPKLU ini pertama di Indonesia Timur, dapat mendukung terwujudnya electrifying lifestyle di kalangan masyarakat dan mendukung penyediaan kendaraan listrik.



"Hadirnya SPKLU ini dapat mendukung terwujudnya electrifying lifestyle di masyarakat dan mendukung para pengusaha penyedia kendaraan listrik dalam menyediakan kendaraan listrik," ujar Syamsul Huda.

Baca juga: PLN Bakal Pasok Kebutuhan Listrik Smelter di Sulawesi

Syamsul berharap, hadirnya SPKLU mampu mendorong penggunaan kendaraan listrik berbasis baterai secara masif.

Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman mengapresiasi komitmen PLN mendukung era KLBB dengan menghadirkan SPKLU pertama di Indonesia timur.

SPKLU Mattoanging, Fast Charging 25 kW dan Integrasi Charge.IN



SPKLU Mattoanging telah dilengkapi pengisian daya 25kW yang memungkinkan pelanggan melakukan pengisian daya hanya dengan waktu 30 menit, untuk jarak sekitar 100 km dan terintegrasi dengan aplikasi Charge.IN.

Aplikasi Charge.IN adalah aplikasi charging yang pertama pada SPKLU bagi konsumen pemilik KBLBB. Dengan aplikasi Charge.IN, pemilik KBLBB bisa mengontrol dan memonitor pengisian baterai mobil atau motor listrik di stasiun pengisian atau SPKLU. Aplikasi PLN Charge.IN sudah tersedia di Google Play Store, sehingga saat ini masyarakat sudah dapat menikmati kemudahan dalam mengisi daya kendaraan listrik.

Baca juga: PLN Lakukan Transplantasi Terumbu Karang di Perairan Konawe Selatan



(luq)

halaman ke-1 dari 2
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!