alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Virus Corona Bikin Hari Valentine di China Jadi Kelabu

iNews.id
Virus Corona Bikin Hari Valentine di China Jadi Kelabu
Seorang warga mengenakan masker saat membeli bunga di Hari Valentine di Hong Kong, 14 Februari 2020. (FOTO: Philip FONG / AFP)

BEIJING - Mewabahnya virus corona jenis baru-COVID-19, membuat Hari Valentine di China menjadi kelabu. Risiko terinfeksi virus mematikan itu membuat sebagian besar pasangan muda di Negeri Tirai Bambu memilih tinggal di rumah saat hari kasih sayang tersebut.

Virus corona juga menyebabkan bisnis bunga dan souvenir Hari Valentine lesu. Bisnis di seluruh negeri, dari toko bunga hingga ruang konser tutup, sehingga para pasangan tidak punya pilihan selain mendekam di rumah.

Kepada AFP, Jumat (14/2/2020), penjual toko bunga Xian Hua Ge di Beijing mengatakan penjualan anjlok hingga 70 persen dari tahun lalu, karena banyak yang belum kembali ke kota untuk bekerja.



Seorang pekerja di Romanti Fresh Flowers mengatakan penjualan turun hingga 50 persen. Sebagian besar karena pelanggan takut tertular virus melalui staf yang yang mengirim bunga, sementara toko lain mengatakan mereka tidak punya stok.

Industri pernikahan di China juga terpukul akibat wabah corona, setelah pemerintah China mendesak pasangan menunda pernikahan mereka awal bulan ini.

Zhu He (25) menunda pernikahannya karena ketakutan virus corona. Dia mengatakan dirinya dan tunangannya awalnya berencana menikah di Hari Valentine. "Kami merencanakan untuk pergi bersama (dengan orangtua saya)," katanya," kepada AFP.

"Sekarang, mereka tidak akan datang meskipun kita semua tinggal di Guangzhou."

"Mereka berdua tidak bisa mengemudi dan saya tidak terlalu mempercayai angkutan umum," kata Zhu, khawatir tentang risiko terinfeksi.

Saat in, virus korona sudah menginfeksi hampir 64.000 orang dan menewaskan lebih dari 1.350 di China. Virus korona juga memicu pembatasan transportasi, penutupan restoran, dan penutupan lokasi wisata.



(tyk)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook