TOPIK TERPOPULER

Lama Rusak, Lampu Lalu Lintas Perempatan Bua Tak Kunjung Diperbaiki

Chaeruddin
Lama Rusak, Lampu Lalu Lintas Perempatan Bua Tak Kunjung Diperbaiki
Perempatan Bua juga sering menjadi tempat aksi mahasiswa. Traffic light di perempatan ini telah lama rusak. Foto: SINDOnews/Chaeruddin

LUWU - Lampu lalu lintas di perempatan Bua, yang terletak tak jauh dari kantor Camat Bua, Kabupaten Luwu rusak. Meski telah lama tidak berfungsi, namun pihak terkait tak kunjung melakukan perbaikan.

Pantauan SINDOnews, arus lalu lintas di perempatan Bua cukup ramai. Lokasinya berdampingan dengan kantor Camat Bua dan beberapa meter dari Puskesmas Bua, lapangan sepak bola, Pasar Bua serta kantor BRI.

Baca juga: ETLE di Kota Makassar Jaring 455 Pelanggar Lalu Lintas

Camat Bua, Satti Latief menyayangkan kondisi ini. Ia mengaku telah melakukan koordinasi dengan Dinas Perhubungan Kabupaten Luwu, namun sejauh ini belum ada perbaikan.

"Sudah kami sampaikan dan koordinasikan selalu dengan Dinas Perhubungan Kabupaten," ujarnya.



Camat Bua berharap, lampu lalu lintas perempatan Bua segera berfungsi kembali demi tertibnya dan keamanan berlalu lintas warga.

Baca juga: Tilang Elektronik Harus Ditunjang SDM Unggul dan Sosialisasi Maksimal

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Luwu, Supriadi dikonfirmasi terpisah menjelaskan, lampu lalu lintas di lokasi tersebut bukan tanggung jawab Pemkab Luwu untuk melakukan pemeliharaan atau perbaikan, karena berada di jalan poros nasional.

"Inikan jalan nasional, balai punya, Balai Transportasi Darat Wilayah 19 di Makassar langsung dari Dirjen Perhubungan Darat perwakilannya masing-masing di provinsi," ujar Supriadi.

Baca juga: Kalla Toyota Sosialisasikan E-Tilang di Gathering Online ke-41



"Berapa kali menyampaikan, melaporkan, masalah kewenangan kan kewenangannya, tapi saya berprinsip antara kewenangan dan kemanusiaan. Yang memfungsikan traffic light adalah warga kita orang Luwu, olehnya itu saya desak terus, namun hingga kini belum ada perbaikan," lanjutnya.

Menurut Kepala Dinas Perhubungan, jalur ini sering terjadi kecelakaan, karena lalu lintas di perempatan Bua cukup ramai dan padat kendaraan. Sebab, menjadi jalur warga menuju kantor pelayanan umum seperti kantor camat, pasar Bua, BRI, Puskesmas Bua dan lapangan bola.



(luq)

preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!