alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Tahun ini, Iqbal Pastikan Program Merdeka Belajar Sudah Efektif

Tim Sindonews
Tahun ini, Iqbal Pastikan Program Merdeka Belajar Sudah Efektif
Pj Wali Kota Makassar Iqbal Suhaeb saat memberikan sambutan kepada ratusan kepala sekola di Baruga Anging Mamiri, Jumat, (14/02/2020). Foto: Humas Pemkot Makassar

MAKASSAR - Pj Walikota Makssar, Iqbal Suhaeb menegaskan kesiapan Kota Makassar untuk menyukseskan program “Merdeka Belajar” yang di digagas Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pendidikan RI.

Hal ini ditegaskan Iqbal saat berbicara di depan ratusan kepala sekolah SD dan SMP se kota Makassar, terkait kebijakan Pendidikan tahun 2020 di Baruga Anging Mamiri Rumah Jabatan Walikota Makassar, Jumat (14/2/2020).

Menurut Iqbal, Merdeka Belajar episode tiga yakni perubahan metode penyaluran dana BOS siap di implementasikan tahun ini di Makassar.



“Episode ketiga program Merdeka Belajar yang dicanangkan Pak Nadiem Makarim (Menteri Pendidikan) terkait perubahan mekanisme penyaluran dana BOS," katanya.

"Sistem baru menjadikan sekolah dapat lebih cepat menerima dan menggunakan dana BOS untuk operasional di sekolah karena proses penyalurannya langsung ke rekening sekolah, tidak lagi melalui rekening Kas Umum Daerah,” lanjut ujar Iqbal.

Untuk tahun ini, besaran dana BOS yang diberikan untuk siswa SD naik dari Rp800.000 menjadi Rp900.000, untuk siswa SMP juga mengalami kenaikan yakni  Rp1,1 juta dari yang sebelumnya Rp 1 juta. Sedang untuk SMA naik menjadi Rp1,5 juta per siswa dari yang sebelumnya Rp1,4 juta.

“Tahun ini, penggunaan dana BOS untuk guru honorer oleh sekolah dilonggarkan hingga 50 persen. Jadi kita berharap seluruh guru honorer kita jauh lebih sejahtera. Selain Itu Pemerintah Pusat sudah memastikan tidak akan ada penghapusan tenaga guru honorer,” lanjutnya.

Plt Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar, Azis Hasan menjelaskan tentang Merdeka Belajar episode pertama yang akan diberlakukan secara efektif tahun ini di Makassar.

“Episode pertama Merdeka Belajar itu terkait perubahan Ujian Sekolah Berstandar Nasiona (USBN) menjadi ujian sekolah saja. Ujian ini nanti memberi kemerdekaan kepada guru untuk membuat soal, menguji dan menilai siswanya secara otonom. Jadi diharap menjadi cikal bakal pengembangan bakat dan minat siswa secara merdeka” ujar Azis Hasan.



(agn)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook