alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

10 SMP Baru di Makassar Butuh Penambahan Ruang Kelas

Vivi Riski Indriani
10 SMP Baru di Makassar Butuh Penambahan Ruang Kelas
Sebanyak 10 SMP baru di Makassar butuh penambahan ruang kelas. Foto: Istimewa

MAKASSAR - Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar, memberi perhatian lebih kepada 10 SMP baru hasil regruping jelang penerimaan peserta didik baru (PPDB) 2020.

Alasannya, sarana dan prasarana yang dimiliki 10 SMP tersebut belum memadai. Dibutuhkan tambahan ruang kelas untuk menampung para peserta didik baru.

Plt Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Makassar, Azis Hasan mengatakan, sementara melakukan identifikasi terhadap sekolah-sekolah yang memungkinkan untuk dibangunkan ruang kelas baru (RKB).



Sebab tidak bisa dipungkiri, bertambahnya jumlah peserta didik baru harus didukung dengan penambahan ruang kelas sehingga proses belajar mengajar bisa berjalan efektif.

"Kebijakan sekolah baru ini harus kita dukung bersama, karena setelah siswa mereka naik ke kelas dua pasti butuh ruang kelas baru," kata Azis Hasan.

Diakui Azis, ketersediaan anggaran untuk pembangunan ruang kelas baru masih sangat terbatas. Sehingga belum semuanya bisa tercover. Hanya kondisi yang paling memprihatinkan yang akan diutamakan. Pembangunannya dilakukan secara bertahap.

Meski begitu, pihaknya terlebih dulu akan mengindentifikasi sekolah yang memiliki lahan atau space yang memadai. Jika belum ada pembangunan, solusinya aktivitas belajar dilakukan dua sift yakni masuk pagi dan siang hari.

"Kalau sekolah itu memungkinkan ada space atau lahan kita bisa bantu pembangunan RKB, yang sulit kalau tidak ada space. Tapi kalau begitu biasanya kita suntik atau kita kasih tingkat dan ini harus bertahap karena APBD kita untuk infrastruktur itu tidak terlalu banyak," bebernya.

Azis menerangkan salah satu bentuk dukungan pemkot terhadap sepuluh SMP baru yakni menyiapkan sarana dan prasarana pendukung seperti bangku sekolah.

Dia menyebutkan belum lama ini sebanyak 880 unit bangku skeolah telah disalurkan ke seluruh SMP baru. Jumlah itu diharapkan bisa mengcover dua sampai tiga kelas.

"Jadi harus bertahap karena anggaran kita juga terbatas," terangnya.

Pj Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb menegaskan, akan memprioritaskan pengadaan sarana dan prasarana pendukung untuk sepuluh SMP baru itu.

Dia meminta kepada pihak sekolah untuk mengusulkan ke Pemkot Makassar kebutuhan masing-masing sekolahnya, baik itu bangku hingga ruang kelas baru.

"Itu nanti akan diusulkan apa saja kebutuhan tiap sekolah. Paling penting ini harus didata dengan benar karena kebutuhan sekolah berbeda-beda," tutupnya.



(agn)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook