TOPIK TERPOPULER

90% Sekolah di Kota Parepare Siap Gelar Pembelajaran Tatap Muka

Darwiaty Dalle
90% Sekolah di Kota Parepare Siap Gelar Pembelajaran Tatap Muka
Kepala Dinas Pendidikan Kota Parepare, Arifuddin Idris. Foto: SINDOnews/Darwiaty Dalle

PAREPARE - Dinas Pendidikan Kota Parepare memastikan, 90% sekolah, baik tingkat dasar maupun menengah pertama, siap menggelar pembelajaran tatap muka pada tahun ajaran baru nanti.

Kendati demikian, pada pelaksanaannya pihak sekolah masih harus menunggu keputusan Wali Kota Parepare, Taufan Pawe.

Baca juga: Disdik Parepare Minta Pernyataan Orang Tua Siswa Jelang Belajar Tatap Muka

"Tentu akan ada pertimbangan dari Wali Kota. Karena meski berada di zona hijau, tidak serta merta menurunkan kewaspadaan kita terhadap penyebaran virus Covid-19," jelas Kepala Dinas Pendidikan Kota Parepare, Arifuddin Idris, Kamis (10/6).

Kesiapan sekolah untuk melaksanakan belajar tatap muka, jelas Arifuddin, juga telah dilaporkan pihaknya ke Wali Kota, bahkan sejak tiga bulan lalu. Rencananya, pihak Disdik akan kembali melaporkan perkembangan terbaru terkait kesiapan belajar tatap muka ini.



Arifuddin mengatakan, diperlukan kesiapan fisik sesuai indikator penerapan protokol kesehatan (prokes) pada pelaksanaan belajar tatap muka. Secara umum kata dia, sekolah di Parepare telah memenuhi hal tersebut.

"Tersisa kesiapan para orang tua yang tak sebatas memberi izin anaknya belajar di kelas, tapi juga harus ikut bertanggungjawab melakukan kontrol. Utamanya pra hingga pasca belajar tatap muka yang diikuti anak didik kita," Arifuddin memaparkan.

Baca juga: Disdik Parepare Minta Guru Berinovasi Agar Siswa Tak Bosan Belajar Daring

Arifuddin juga menekankan, agar seluruh pengelola sekolah telah menyediakan tempat cuci tangan dengan air mengalir di depan setiap ruang kelas. "Tak mesti menggunakan wastafel, bisa menggunakan selang saja asal air mengalir. Pihak sekolah tentu bisa berkreasi menyediakan itu," katanya.

Arifuddin juga memastikan, 90% guru di Kota Parepare telah menjalani vaksinasi Covid-19. Adapun guru yang belum mendapat vaksin karena dalam kondisi hamil dan faktor kesehatan yang secara medis tidak memungkinkan.



Terpisah, Kepala UPTD SDN 28 Parepare, Nursiah mengatakan, secara umum sekolah yang dipimpinnya siap menggelar belajar tatap muka dengan berbagai persiapan yang jauh hari telah dilakukan. Utamanya, kata dia, terkait sarana dan prasarana belajar yang sesuai prokes.

"Tiap kelas tentu juga kita siapkan tempat cuci tangan dengan air mengalir. Termasuk alat semprot disinfektan yang tentu secara rutin harus dilakukan penyemprotan pada ruang kelas belajar, serta ruangan lainnya yang ada di kompleks sekolah," papar Nursiah.

Baca juga: MKKS SD Parepare Kumpulkan Dana Rp63 Juta untuk Korban Gempa Sulbar

Terkait metode pembelajaran, tambah Samsiah, pihaknya juga masih menunggu petunjuk teknis sesuai yang diatur oleh pemerintah kota melalui Dinas Pendidikan Parepare. Kata dia, selain guru, para orang tua murid juga antusias menyambut pelaksanan belajar tatap muka.

"Kita berharap nantinya semua berjalan lancar, sehingga anak-anak kita bisa kembali mengikuti belajar dalam kelas. Tentu dengan prokes yang dilakukan secara disiplin," tandasnya.



(luq)

preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!