alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Konstruksi Stadion Mattoanging Ditargetkan Dimulai Juni 2020

Syachrul Arsyad
Konstruksi Stadion Mattoanging Ditargetkan Dimulai Juni 2020
Pengerjaan fisik atau konstruksi untuk rehabilitasi Stadion Mattoanging ditargetkan dimulai awal Juni mendatang. Foto/dok SINDOnews

MAKASSAR - Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sulsel menargetkan pengerjaan fisik atau konstruksi untuk rehabilitasi Stadion Andi Mattalatta alias Mattoanging dimulai pada awal Juni 2020. Sekretaris Tim Rehabilitasi Stadion Mattoanging, Muhlis Mallajareng, mengatakan percepatan pelaksanaan proyek ini terus dilakukan.

Dikatakan kelengkapan dokumen administrasi untuk rehabilitasi stadion memasuki tahap perampungan. "Kita harap pengerjaannya hitung-hitung waktunya itu awal Juni baru bisa. Karena kan ada proses lelang sebelumnya. Jadi mungkin fisik awal Juni mungkin," ujar Muhlis di Makassar.

Dia mengatakan sebelum proses fisik pihaknya tengah mempersiapkan lelang manajemen konstruksi lebih dulu. Dispora juga menyiapkan beberapa dokumen administrasi perencanaan Di antaranya yakni dokumen evaluasi lingkungan hidup (DELH), analisis dampak lalu lintas (andalalin), dan analisis mengenai dampak lingkungan (amdal).



Seluruh dokumen tersebut tengah di-review kembali Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP). Setelah mendapat persetujuan, lelang manajemen konstruksi (MK) sudah bisa ditayangkan di layanan pengadaan sistem elektronik (LPSE).

"Hampir final, sisa dikirim ke advisor LKPP untuk melihat kembali kalau sudah setuju kita kirim ke Pokja untuk mengajukan MK. Sesudah itu nanti kita lagi menuju ke konstruksinya (fisik)," beber dia.

Kepala Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Dispora Sulsel ini mengaku, kelengkapan adninsitrasi menjadi bagian penting sebelum dilakukan intervensi ke proses fisik. Pihaknya ingin memberi jaminan, saat prosesnya dimulai kedepan tidak lagi ada masalah.

"Memang uangnya untuk rehab stadion sudah kita sediakan. Tapi ini semua kan ada tahapan. Sebelum kesitu (pengerjaan fisik), butuh DELH, Amdal, andalalin, sesudah itu baru bisa masuk ke konstruksi," tegasnya.

Diketahui, tahap awal rehab Stadion Mattoanging dianggarkan dana Rp200 miliar di APBD 2020. Namun untuk menjadikannya sebagai stadion bertaraf internasional, sekiranya dibutuhkan dana Rp700 miliar lebih.

Pemprov Sulsel juga tengah mendorong bantuan anggaran rehab ini ke Kemenpora. Rencana ini disambut baik. Pemprov Sulsel dijanjikan akan mendapatkan porsi anggaran melalui A0BN tahun 2021 mendatang.

"Insya Allah. Kita berjuang. Mudah-mudahan tidak ada hambatan-hambatan. Kita selesaikan semua tahapannya dulu. Kita harap normal semua. Kalau bisa lebih cepat, lebih bagus," tandas Muhlis.

Sementara salah satu anggota Tim Gubernur Untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP), Ariady Arsal berharap, tahapan perencanaan bisa dipercepat pelaksanaannya. Tujuannya, agar lelang manajemen konstruksi bisa segera tayang di LPSE.

Diapun menargetkan, pelaksanaan fisik rehabilitasi Stadion Mattoanging paling lambat awal Juni mendatang. Apalagi proyek strategis Pemprov Sulsel ini menjadi harapan masyarakat Sulsel.

"Jangan sampai kita lewat hingga perubahan anggaran. Nilainya cukup besar Rp200 miliar. Kita lengkapi semua dokumen agar tidak ada pelanggaran aturan. Kita berharap bisa berjalan baik san akhir tahun akan kelihatan ada wujud di Mattoanging," jelasnya.



(tyk)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook