Menteri Muhadjir Effendy Minta Petani Rumput Laut Bulukumba Diberdayakan

Jum'at, 11 Juni 2021 - 08:35 WIB
loading...
Menteri Muhadjir Effendy Minta Petani Rumput Laut Bulukumba Diberdayakan
Menko PMK, Muhadjir Effendy saat berkunjung ke Kabupaten Bulukumba, Kamis (10/6/2021). Foto: Eky Hendrawan
A A A
BULUKUMBA - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI, Muhadjir Effendy berkunjung ke Kabupaten Bulukumba. Ia mengaku terkesan dengan panjang garis pantai daerah berjuluk Butta Panrita Lopi itu.

Dalam kunjungannya, menyempatkan jalan-jalan pagi di sekitar Pantai Bintarore dan bertemu dengan para petani rumput laut. Dia berharap Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulukumba dapat mengembangkan potensi rumput laut dan memberdayakan para petani rumput laut.



“Pantai Bulukumba sangat baik dan panjang, kandungan airnya juga sangat cocok untuk rumput laut. Dan ini adalah komoditas ekspor andalan oleh karena hanya Indonesia saja yang bisa produksi rumput laut yang berkualitas seperti yang ada di Bulukumba ini,” ungkapnya, Kamis (10/6/2021).

Wakil Bupati Bulukumba, Andi Edy Manaf menyampaikan terima kasih kepada Menko PMK Muhadjir Effendy yang menyempatkan diri berkunjung di Kabupaten Bulukumba . Perhatian Menko terhadap rumput laut, akan ditindaklanjuti dan sudah sesuai dengan tujuan Pemkab untuk mengembangkan komoditas itu.



“Artinya Pak Menko memberikan perhatian khusus dan itu kami sangat berterima. Karena memang harus diakui bahwa salah satu daerah penghasil rumput laut adalah Bulukumba,” ungkap Edy Manaf.

Wabup Edy Manaf juga mengucapkan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Muhadjir Effendy, karena di masa menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Perahu Pinisi yang berasal dari Bulukumba ditetapkan sebagai Warisan Budaya Dunia Takbenda oleh UNESCO pada tahun 2017 yang lalu.

“Tentu ini menjadi kebanggaan bagi kita semua, bahwa tradisi pembuatan perahu dengan semangat etos kerja dan nilai estetika yang tinggi yang dilakukan oleh masyarakat Kabupaten Bulukumba telah diakui oleh dunia internasional dan menjadi sumber pembelajaran dan inspirasi bagi generasi-generasi berikutnya,” imbuhnya.

(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7093 seconds (0.1#10.140)