alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Jelang Deklarasi Adnan-Kio, Ribuan Warga Padati Gedung Haji Bate

Herni Amir
Jelang Deklarasi Adnan-Kio, Ribuan Warga Padati Gedung Haji Bate
Ribuan warga padati deklarasi Adnan-Kio pada Pilkada Gowa 2020. Foto/SINDOnews/Herni Amir

SUNGGUMINASA - Ribuan warga tampak memadati Gedung Haji Bate Sungguminasa, Jalan Tumanurung. Mereka berbondong-bondong datang untuk menyaksikan deklarasi Adnan Purichta Ichsan dan Abd Rauf Mallaganni Kr Kio (Adnan-Kio), Sabtu (15/2/2020). Adnan-Kio berstatus petahana yang kembali maju pada Pilkada Gowa 2020.

Dari ribuan warga yang datang, tidak sedikit yang berasal dari kelompok atau komunitas, seperti Komunitas Pasar atau Kompas. "Kami sengaja datang untuk menyaksikan deklarasi Adnan-Kio. Kami ada sekitar 100 orang dari Kompas Gowa," kata Ketua Kompas Gowa, Zainuddin Langke Daeng Tompo.

Daeng Tompo menyebut pihaknya siap kembali mendukung Adnan-Kio karena mengaku puas dengan kepemimpinan petahana selama empat tahun ini di Kabupaten Gowa. Menurutnya banyak perubahan yang terjadi di kota berjuluku butta bersejarah tersebut.



"Alhamdulillah sangat puas. Bagus sekali karena pembangunan bagus makanya kami pilih kembali pasangan Adnan-Kio untuk kembali maju mencalonkan sebagai Bupati dan Wakil Bupati Gowa" ujarnya.

"Hampir secara keseluruhan sektor pembangunan bagus, yang paling nampak ya jalanan infrastruktur olahraga dan pasar. Untuk pasar saja ada lebih 10 yang dibangun," sambung Daeng Tompo.

Prosesi Sebelum Deklarasi

Sebelum deklarasi itu, Adnan didampingi istrinya, Priska Paramita Adnan dan Wakil Bupati Gowa, Abdul Rauf Malaganni Kr Kio, meluangkan waktu untuk ziarah ke makam ayahnya, almarhum Ichsan Yasin Limpo. Ichsan diketahui merupakan mantan Bupati Gowa dua periode.

Usai dari makam sang ayah, Adnan menyambangi kediaman ibunya, Novita Madonsa Ichsan di Jalan Hertasning. Adnan datang untuk meminta izin dan restu maju kembali pada Pilkada Gowa 2020. Suasana haru terlihat saat Adnan meminta restu sang ibu.

Setelahnya, Adnan-Kio melanjutkan perjalanan untuk melakukan ziarah ke makam Syekh Yusuf, dilanjutkan ke Masjid Tua Katangka untuk melakukan Salat Duha. Dari masjid bersejarah itu, rombongan kembali melakukan ziarah ke makan Sultan Hasanuddin dan Karang Pattingalloang.

Dari makam Karaeng Pattingalloang, rombongan bergerak ke lokasi deklarasi di Gedung Haji Bate. Di lokasi acara, Adnan sudah ditunggu oleh massa yang memadati gedung tersebut sejak pagi tadi.



(tyk)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook