Telkom Bangun Pusat Data Terbesar, Dirut Ririek: Ciptakan Pengalaman Digital Terbaik

Jum'at, 11 Juni 2021 - 10:48 WIB
loading...
Telkom Bangun Pusat Data Terbesar, Dirut Ririek: Ciptakan Pengalaman Digital Terbaik
Direktur Utama Telkom, Ririek Adriansyah menyebut, kehadiran HyperScale Data Center menunjukkan besarnya kapasitas Telkom untuk menjadi perusahaan digital telco terdepan di Indonesia dan dunia. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Pembangunan pusat data berstandar global milik PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk, atau Telkom berupa HyperScale Data Center (HDC) memasuki tahap akhir. HDC akan menjadi pusat data terbesar di Indonesia.



Direktur Utama Telkom, Ririek Adriansyah menyebut, kehadiran HyperScale Data Center menunjukkan besarnya kapasitas Telkom untuk menjadi perusahaan digital telco terdepan di Indonesia dan dunia.

Ini juga menjadi milestone penting bagi Telkom untuk menjadi pemain utama pada domain digital platform, sejalan dengan langkah transformasi dan visi Telkom menjadi digital telco.

Dengan fokus pada peluang untuk mencari tenant baik pemain lokal, regional, hingga internasional, pembangunan HDC akan mengakselerasi bisnis platform digital sebagai enabler berbagai layanan dan solusi ICT untuk global player, dan korporasi dari berbagai sektor seperti finance & banking, government, private sector, manufacturing, content provider, dan global cloud provider.

"HDC dibangun dengan konsep Evolve, Connected, & Origin (ECO). Gedung ini memiliki desain yang menyimbolkan semangat Telkom untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi, demi menciptakan pengalaman digital terbaik bagi masyarakat," ujar Ririek seperti dikutip dalam Website Kementerian BUMN, Jumat (11/6/2021).

Direktur Network & IT Solution Telkom, Herlan Wijanarko mencatat, HDC memiliki banyak kelebihan sebagai komplek pusat data. Pertama, fasilitas ini terhubung dengan seluruh jaringan milik Telkom Group. Ini membuat cakupan kerja pusat data menjadi yang terluas di Indonesia.



Kedua, HDC memiliki fasilitas penunjang berskala internasional, carrier neutral, dan multi services untuk jaringan provider lain. Hal ini memungkinkan Telkom HDC menjadi pilihan utama bagi pelaku usaha di berbagai sektor seperti keuangan, manufaktur, dan penyedia layanan komputasi awan, baik domestik maupun asing.

Telkom telah memiliki 26 data center yang terdiri dari 5 data center international, 18 neuCentrIX serta 3 data center tier 3 dan 4. Dengan adanya dukungan data center yang tersebar di banyak lokasi dan terhubung dengan jaringan broadband, maka Telkom akan mengakomodasi kebutuhan mendatang, seperti kehadiran 5G, teknologi edge blockchain dan kebutuhan masa depan lainnya.

"Ini tentunya menjadi competitive advantage pusat data yang dimiliki Telkom untuk bersaing di bisnis digital platform," tutur dia.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1260 seconds (0.1#10.140)