alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Tiga Bahaya Mengintai Jika Saat Bangun Tidur, Langsung Berdiri

Sri S Syam
Tiga Bahaya Mengintai Jika Saat Bangun Tidur, Langsung Berdiri
Kamu memiliki kebiasaan bangun tidur yang langsung berdiri dan tidak mengambil ancang-ancang terlebih dahulu? sebaiknya segera hentikan kebiasaan tersebut. Foto : Ilustrasi/Istimewa

MAKASSAR - Kamu memiliki kebiasaan bangun tidur yang langsung berdiri dan tidak mengambil ancang-ancang terlebih dahulu? sebaiknya segera hentikan kebiasaan tersebut. Sebab ternyata sangat berbahaya bagi kesehatan, seperti uraian di bawah ini.

1. Pusing dan Mual
Merasa pusing bahkan sampai pingsan adalah akibat hipotensi orthostatik. Michael Rodney Osborne menjelaskan, darah secara normal tidak akan sampai ke otak jika tidak ada sistem pengaturan tekanan darah dinamis dalam tubuh. Pembuluh darah terbentuk dari otot-otot kecil. Ketika kamu berdiri, semua pembuluh darah di kaki akan berusaha keras untuk mendorong darah ke arah kepala.

2. Otak Jadi Kekurangan OksigenĀ 
Berbaring dalam waktu lama apalagi sampai tertidur akan membuat aliran darah di tubuhmu menjadi rleks. Berdiri tiba-tiba akan mengagetkan pengaturan aliran darah tersebut. Ini akan semakin bermasalah ketika kamu memiliki tekanan darah rendah. Tekanan darah rendah dan ketidaksiapan reaksi akan membuat otakmu kekurangan asupan oksigen.



3. Mengalami Vertigo Posisional atau Resiko Kesehatan yang Lebih Parah
vertigo posisional adalah masalah bagian dalam telinga yang berhubungan dengan keseimbangan tubuh. Kamu akan merasa ruangan tempatmu terputar-putar. Pusing adalah istilah umum, sementara vertigo adalah perasaan terputar-putar yang tidak terkontrol.



(sss)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook