alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Ingin Liburan, Destinasi Baru di Luwu Timur ini Bisa Jadi Pilihan

Suwarny Dammar
Ingin Liburan, Destinasi Baru di Luwu Timur ini Bisa Jadi Pilihan
Pengunjung sementara menikmati wisata camping di destinasi baru yang hadir di Luwu Timur. Foto: Istimewa

MAKASSAR - Menghabiskan waktu berlibur bersama keluarga di setiap weekend tentunya menjadi hal menyenangkan yang dapat dilakukan.
Apalagi, jika tempat yang dituju menawarkan sejuta keindahan panorama alam pedesaan dengan banyak pilihan spot foto.

Kini, di Sulsel sudah banyak tempat yang menawarkan hal tersebut, salah satunya yang ada di Kabupaten Luwu Timur.

Pada kabupaten terujung di Sulsel ini, kini telah hadir satu destinasi wisata pilihan yang beda. Jika selama ini mengunjungi Bumi Batara Guru, para wisatawan disuguhkan dengan pilihan berwisata air seperti danau, air terjun dan pantai. Kini, telah ada pengembangan wisata kreatif yang memadukan keindahan panorama alam pedesaan, pengembangan pertanian organik dan wisata camping.
Ingin Liburan, Destinasi Baru di Luwu Timur ini Bisa Jadi Pilihan
Adalah objek wisata Bukit Agro Tabarano, berlokasi di Kecamatan Wasuponda, Kabupaten Luwu Timur. Nama Bukit Agro Tabarano diambil dari lokasi desa tempat usaha ini dikembangkan, yakni Desa Tabarano.



Sementara penamaan Bukit karena lokasinya yang berada diketinggian jika mengaksesnya, dan penamaan Agro lebih kepada usaha awal yang dikembangkan dikawasan ini agriculture yang mengedepankan pola pertanian organik.

Lokasi ini telah dikembangkan sejak 19 Mei 2017 dengan konsep awal pola pertanian organik memadukan sensasi wisata agro. Sejak hadir menjadi alternatif objek wisata lainnya di Luwu Timur (Lutim), Bukit Agro Tabarano terus berkembang dan diminati wisatawan lokal dan domestik. Per hari kebanyakan pengunjung yang datang dari kalangan pelajar SMP, SMA hingga dewasa. Dengan rata-rata kunjungan pada weekdays 50- 100 orang, sementara saat weekend sabtu dan minggu bisa mencapai 100 hingga 300 orang.

Untuk masuk ke lokasi obyek wisata dengan luas lahan seluas 2 hektar (ha), hanya dikenakan sebesar Rp5.000 sebagai biaya donasi operasional kebersihan.

Ragam fasilitas disediakan ditempat ini mulai dari area camping, area pengembangan pertanian organik, spot selfie yang menjadi favorit pengunjung. Ada pula villa, areal meeting, green house pembibitan, taman kelinci, taman bunga dan proses kompos.
Ingin Liburan, Destinasi Baru di Luwu Timur ini Bisa Jadi Pilihan
Mengakses lokasi ini melalui darat dapat ditempuh dari Kota Makassar selama 12 jam, sementara diakses melalui udara via bandara Sorowako selama 45 menit.

Menurut Owner Bukit Agro Tabarano, Laode Muhammad Ichman, dilokasi ini pengunjung dapat menghirup segarnya udara alam pegunungan, apalagi jika dipagi hari dikawasan destinasi akan diselimuti embun sehingga membuat serasa berada di negeri berawan.

Tak hanya itu saja, banyaknya pilihan untuk spot foto sehingga membuat wisatawan dapat memilih lokasi mana saja yang hendak dijadikan tempat berpose untuk memenuhi laman media sosial mereka.
Ingin Liburan, Destinasi Baru di Luwu Timur ini Bisa Jadi Pilihan
“Kami hadir sejak 19 Mei 2017, dan mula hadir sampai saat ini animo pengunjung sangat antusias dengan rata-rata kunjungan weekdays mencapai 10 hingga 50 orang. Sementara, saat weekend bisa mencapai ratusan pengunjung dari sejumlah daerah dan kabupaten/kota di Sulsel,” ujarnya.



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook