alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Usai Observasi di Natuna, 17 Warga Sulsel Tiba di Makassar

Syachrul Arsyad
Usai Observasi di Natuna, 17 Warga Sulsel Tiba di Makassar
Mahasiswi asal Xianning, Riska Ayumi Amalia, tiba di Bandara Hasanuddin Makassar. Ia sebelumnya menjalani observasi di Natuna. (Foto: iNews/Wahyu Ruslan).

MAKASSAR - Sebanyak 17 warga Sulsel akhirnya tiba di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, Minggu (16/2/2019) dini hari sekira pukul 01.30 WITA. Mereka dijemput keluarganya masing-masing yang telah menunggu kedatangannya.

Kepala Kantor Badan Penghubung Daerah Sulsel, Ezra Silalahi mengatakan, sebanyak 18 orang warga Sulsel sebelumnya tiba Bandara Internasional Soekarno Hatta Jakarta. Mereka kemudian difasilitasi kepulangan oleh pemerintah melalui pesawat komersil.

"Jadi mereka sudah melalui masa observasi di Natuna. Waktu di Bandara Soekarno tidak ada lagi pemeriksaan (kesehatan) ulang, mereka cuma kita antar untuk langsung diterbangkan ke Makassar," ujar Ezra yang dihubungi melalui sambungan telepon.



Sebelumnya total 238 WNI yang menjalani masa observasi selama dua pekan di Hanggar Pangkalan Udara Raden Sadjad, Natuna, Riau sejak 2 Februari lalu, setelah dievakuasi dari negara terindikasi penyebaran penyakit Corona Virus Disease 2019 (COVID-19). Ratusan diantaranya merupakan 18 warga asal Sulsel.

Dari 18 warga Sulsel berasal dari berbagai daerah yang berbeda, diantaranya sebanyak 8 orang dari Kota Makassar, Kabupaten Bukukumba 3 orang, Tana Toraja 3 orang, Luwu Timur 1 orang, Luwu Utara 1 orang, Gowa 1 orang dan asal Kabupaten Pinrang 1 orang.

Namun hanya 17 orang yang baru tiba di Makassar. Pasalnya sebut Ezra, satu warga Sulsel lainnya memutuskan tetap berada di Jakarta. Dengan alasan ada urusan lain yang masih harus diselesaikan.

Salah satu warga Sulsel yang menunda kepulangannya itu, yakni atas nama Patmawaty Taibe. Warga asal Kota Makassar yang juga menempuh pendidikan di salah satu perguruan tinggi di China.

"Nanti tanggal 19 (Februari) baru ke Makassar. Dia masih mau kumpulkan bahan tugas kuliahnya. Harus kumpulkan di Jakarta katanya. Itu alasannya dia," sebut Ezra.

Meski begitu, Ezra mengaku sudah memesan dan memberikan tiket kepulangannya nanti. Sesuai jadwal tiket pesawatnya, kata dia, Patmawaty baru akan pulang ke Makassar pada 19 Februari pukul 21.00 malam nanti menggunakan pesawat komersial.

Ezra pun memastikan, 18 warga Sulsel yang diobservasi di Natuna sebelumnya dalam kondisi baik. Mereka rata-rata merupakan mahasiswa. Untuk selanjutnya, dia belum tahu pasti tindakan dari pemerintah selanjutnya.

Dalam hal ini kepastikan mereka untuk bisa melanjutkan pendidikannya di China. Ezra mengaku masih menunggu petunjuk lebih lanjut terkait kapan mereka direkomendasikan balik ke negara tersebut.



(agn)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook