Perkuat Imun Tubuh, Ini Daftar Makanan yang Kaya Vitamin D

Minggu, 13 Juni 2021 - 08:07 WIB
loading...
Perkuat Imun Tubuh, Ini Daftar Makanan yang Kaya Vitamin D
Vitamin D bisa didapatkan dari beberapa makanan. Foto: Ilustrasi/Shutterstock
A A A
JAKARTA - Vitamin D dipercaya bisa meningkatkan imunitas tubuh. Vitamin ini bisa didapatkan dengan berjemur sinar matahari. Meski demikian, beberapa orang terkendala untuk berjemur sinara matahari karena berbagai alasan.

Jika Anda salah satu orang yang tidak bisa berjemur sinar matahari karena sibuk bekerja di dalam ruangan, Vitamin D bisa Anda dapatkan dari beberapa makanan.

Ahli hematologi, onkologi, dan ahli gizi Yale Medicine, Barry Boyd mengatakan, vitamin D memiliki keunggulan memperkuat otot, melawan peradangan, mencegah diabetes . Selain itu, vitamin D sangat baik untuk melawan infeksi virus seperti influenza dan coronavirus.

Merujuk dari BMJ 2017 yang membandingkan suplemen vitamin D dengan plasebo, menemukan bahwa vitamin D dapat mengurangi risiko infeksi saluran pernapasan akut, dengan pemberian suplemen vitamin D harian atau mingguan, terutama pada individu yang kekurangan vitamin D.



Dirangkum dari Healthline, berikut makanan yang kaya kandungan Vitamin D.

1. Ikan salmon

Makanan tinggi vitamin D di urutan pertama adalah ikan salmon. Salmon adalah ikan berlemak yang populer dan sumber vitamin D yang bagus.

Menurut Database Komposisi Makanan Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), satu porsi atau 100 gram salmon Atlantik yang dibudidayakan, mengandung 526 IU vitamin D, atau 66 persen dari kebutuhan harian. Rata-rata, salmon juga mengandung 988 IU vitamin D per porsi atau 100 gram, yang berarti 124 persen dari kebutuhan harian.

2. Ikan sarden
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1841 seconds (0.1#10.140)