5 Cara Hindarkan Anak dari Kebiasaan Sentuh Wajah demi Cegah Terpapar COVID-19

Senin, 14 Juni 2021 - 16:20 WIB
loading...
5 Cara Hindarkan Anak dari Kebiasaan Sentuh Wajah demi Cegah Terpapar COVID-19
Foto Ilustrasi/Getty Images
A A A
JAKARTA - Sampai saat ini protokol kesehatan 3M yaitu menjaga jarak, mencuci tangan, dan memakai masker masih menjadi cara terbaik untuk memerangi virus COVID-19. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) bahkan menganjurkan agar kita rutin mencuci tangan dan menjauhkannya dari hidung serta wajah demi menjaga diri dari infeksi.

Namun, sulit untuk menjaga anak-anak dari kebiasaan menyentuh wajah mereka. Dikutip berbagai sumber, berikut adalah cara untuk menghindarkan buah hati kecil Anda dari kebiasaan menyentuh wajah.



1. Beri Tahu Kalau Itu Buruk

Sebagian besar anak-anak tidak menyadari kebiasaan mereka menyentuh wajah. Sama seperti pada orang dewasa, cara terbaik untuk mengurangi kebiasaan anak itu adalah dengan memberi perhatian. Buat mereka sadar setiap kali mereka menyentuh wajah. Perlahan akan berubah menjadi respons bersyarat ketika mereka akan mulai melepaskan tangan dari wajah mereka sendiri.

2. Sediakan Tisu atau Sapu Tangan

Selalu sediakan sebungkus tisu untuk anak Anda dan buat mereka meniup hidungnya saat gatal. Dianjurkan untuk membiarkan mereka gatal-gatal setelah menutup tangan dengan tisu. Hal ini akan mengurangi kontak langsung antara tangan dan kulit.

3. Alihkan Perhatian Mereka

Anak-anak lebih cenderung terus menyentuh wajah ketika tangan mereka menganggur. Jaga agar tangan mereka tetap terlibat dalam kegiatan penting bersama Anda misalnya.

4. Jauhkan Rambut dari Wajah
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1972 seconds (0.1#10.140)