Riset Baru Temukan Gunung Berapi Terbesar

Senin, 25 Mei 2020 - 18:07 WIB
loading...
Riset Baru Temukan Gunung Berapi Terbesar
Gunung Berapi di Hawaii. FOTO/ Ist
A A A
MāNOA - Hasil riset terbaru menemukan bahwa gunung Mauna Loa di Pulau Besar Hawaii bukanlah gunung berapi perisai terbesar di dunia, seperti yang diyakini para ahli selama bertahun-tahun.

Para ilmuwan di Universitas Hawaii di Mānoa kini telah menentukan bahwa Pūhāhonu, gunung berapi yang telah punah selama lebih dari 12 juta tahun, dua kali lebih besar dari Mauna Loa. BACA JUGA - Suzuki Dikabarkan Berencana Suntik Mati Baleno

Tim peneliti, yang termasuk ahli vulkanologi dan oseanografi, mensurvei dasar laut di sepanjang rantai gunung berapi Hawaii menggunakan sensor sonar dan gravitasi untuk mengukur massa. Para ahli juga menganalisis secara kimia batuan yang disimpan dalam koleksi batuan UH Mānoa.

Para peneliti kemudian memodelkan hasil penelitian ini untuk memperkirakan ukuran Pūhāhonu.

Pulau-pulau Hawaii terbentuk di atas hotspot di mantel Bumi. Gunung berapi di wilayah ini telah meletus beberapa magma terpanas di planet ini selama jutaan tahun.

Berdasarkan analisis kimia batuan dari Pūhāhonu, tim menemukan bahwa gunung berapi pernah menjadi sumber magma terpanas yang dikenal dalam 66 juta tahun terakhir.

"Telah diusulkan bahwa hotspot yang menghasilkan rantai gunung berapi seperti Hawaii mengalami pendinginan progresif lebih dari 1-2 juta tahun dan kemudian mati, Namun, kami telah belajar dari penelitian ini bahwa hotspot dapat mengalami denyut nadi produksi meleleh. Sebuah pulsa kecil menciptakan gugus Midway dari gunung berapi yang sekarang telah punah dan lainnya, yang lebih besar menciptakan Pūhāhonu. Ini akan menulis ulang buku teks tentang bagaimana bulu mantel bekerja" kata pemimpin penelitian Michael Garcia.

Studi ini diterbitkan dalam jurnal Earth and Planetary Science Letters. Sebelumnya, pada tahun 2018 lalu, Gunung Kilauea Hawaii meletus memuntahkan lavanya dan menghancurkan beberapa rumah. Selain itu, letusan Gunung Kilauea ini juga disertai dengan gempa dan asap yang beracun.

Tetapi alam memiliki cara lain untuk menyeimbangkan kerusakan dan kehancuran yang terjadi dengan sebuah penciptaan yang luar biasa. Letusan Kilauea memiliki menciptakan sesuatu yang tak terduga di sepanjang garis pantai di Pohoiki yang juga dikenal dengan Isaac Hale Park. Lumpur dari magma gunung berapi itu telah membentuk pasir hitam di tepian pantai dengan warna gelap yang mencolok.

Pantai berpasir hitam sebenarnya dapat ditemui di mana saja dan ini biasanya terbentuk karena banyaknya batuan vulkanik yang gelap. Ada banyak pantai-pantai berpasir hitam di seluruh dunia, tetapi Hawaii sangat kaya dengan beberapa pantai berpasir hitam salah satunya di Maui, Hawaii.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1011 seconds (0.1#10.140)