Pelabuhan Penyebrangan di Makassar Bakal Dibangun di Panyyua

Selasa, 15 Juni 2021 - 07:18 WIB
loading...
Pelabuhan Penyebrangan di Makassar Bakal Dibangun di Panyyua
Kementerian Perhubungan bakal membangun pelabuhan penyebrangan di Makassar. Foto: Istimewa
A A A
MAKASSAR - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI berencana membangun Pelabuhan penyebrangan di Pannyua Kecamatan Ujung Pandang Kota Makassar.

Terlebih Kota Makassar selaku kota niaga dan menjadi pintu masuk Indonesia bagian Timur hingga saat ini dianggap belum memiliki fasilitas pelabuhan yang memadai.



Meski sebelumnya, lokasinya sendiri sudah 2 kali berpindah dari rencana awal yaitu CPI dan Dermaga Kayu Bangkoa. Hanya saja lokasi baru tersebut masih memerlukan beberapa kelengkapan, termasuk Feasibility Study (FS) DED, Andalalin serta sertifikat lahan yang juga perlu dialihkan ke Kemenhub.

"Lebih memungkinkan di Pelabuhan Pannyua , sementara Pannyua ini kan belum mempunyai dokumen perencanaan. Setelah ini ada, kami akan usulkan untuk pembangunannya," ujar Kepala Balai Transportasi Darat Wilayah XIX Kementerian Perhubungan, Suria Abdi.

Anggarannya sendiri akan mencapai Rp72 milliar dan dibangun secara bertahap selama 2 hingga 3 tahun ke depan.

Dia mengatakan, Makassar memerlukan pelabuhan dengan fasilitas yang memadai, nantinya dermaga tersebut akan dikonsep sebaik mungkin dengan memenuhi sejumlah kualifikasi keamanan, kebersihan dan fasilitas memadai

"Yang jelas konsep dermaga ini adalah pelabuhan penyeberangan untuk angkutan umum, baik dari makassar ke pulau-pulau, baik juga antar provinsi," katanya.



Dia melanjutkan bahwa, pemerintah kota juga mendapat mandat untuk membenahi hal-hal yang dibutuhkan, termasuk menertibkan gedung-gedung sekitar dan ketersediaan fasilitas perlu disiapkan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1268 seconds (0.1#10.140)