Kementan Jadikan Model Pengembangan Sagu di Luwu sebagai Rujukan

Selasa, 15 Juni 2021 - 19:19 WIB
loading...
Kementan Jadikan Model Pengembangan Sagu di Luwu sebagai Rujukan
Tim Peneliti Balai Litbang Kementan Ri saat berdiskusi dengan Dinas Pertanian Luwu serta sejumlah petani baru-baru ini. Foto: SINDOnews/Chaeruddin
A A A
LUWU - Kementan RI akan menjadikan model pengembangan sagu di Kabupaten Luwu sebagai rujukan program kawasan Food Estate. Kawasan ini rencananya dikembangkan di Provinsi Riau dan Papua dengan skala besar.

"Pengembangan kawasan Food Estate akan merujuk model pengembangan sagu di Luwu. Dalam perencanaan pengembangan kawasan Food Estate sagu, pemerintah telah menyiapkan beberapa daerah yakni Provinsi Riau dan Papua dengan skala yang lebih besar," ujar Tim Peneliti Balai Litbang Kementan , Dr I Ketut Ardana di Kabupaten Luwu baru-baru ini.

dalam perencanaan pengembangan kawasan Food Estate sagu di Provinsi Riau dan Papua.

Kepala Dinas Pertanian, Albaruddin Andi Picunang mengungkapkan rasa terima kasihnya atas perhatian Kementan terhadap petani di Kabupaten Luwu

"Alhamdulillah, ini semua berkat kerja sama para penyuluh pertanian dan para petani untuk tetap melestarikan dan mengembangkan pohon sagu di Kabupaten Luwu," katanya.

"Meski kita sadari bahwa luasan tanaman sagu semakin berkurang karena adanya alih fungsi lahan sagu menjadi sawah. Data terakhir luas tanaman sagu adalah 1.340 Ha," lanjut Albaruddin.

Baca juga:Bupati Luwu Siapkan Lahan untuk Kantor Kodim di Lebani

Salah seorang petani sagu, Naruddin yang menjadi objek penelitian menjelaskan, dirinya telah membeli lahan 8 Ha untuk membuka lahan tanaman sagu. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi kurangnya kebutuhan bahan baku sagu.

"Setelah kami memproses sagu menjadi tepung sagu, kemudian kami mendistribusikannya ke pedagang, selebihnya kami olah sendiri menjadi kue jajanan yang dikelola oleh Kelompok Wanita Tani (KWT) Pangkaroan Bulawang. kue-kue ini lalu dijual di beberapa toko-toko," kunci Naruddin.
(luq)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 2.1065 seconds (0.1#10.140)