Jabatan Kursi Pimpinan DPRD di Tiga Daerah Masih Kosong

Kamis, 17 Juni 2021 - 11:12 WIB
loading...
Jabatan Kursi Pimpinan DPRD di Tiga Daerah Masih Kosong
Jabatan Pimpinan DPRD di 3 daerah masih kosong. Foto: ilustrasi
A A A
MAKASSAR - Sebanyak tiga daerah yang kursi pimpinannya di DPRD masih kosong. Ketiga daerah tersebut ialah Pangkep, Luwu Timur (Lutim) dan Kepulauan Selayar.

Kursi pimpinan di Pangkep ialah Wakil Ketua DPRD. Posisi ini ditinggalkan oleh Andi Ilham Zainuddin (AIZ) yang memilih mundur dari jabatannya, karena ikut bertarung di Pilkada 2020.

Sementara kursi pimpinan di Lutim yakni Ketua DPRD . Jabatan ini sebelumnya diamanahkan kepada Amran Syam, namun yang bersangkutan meninggal dunia.



Jabatan pimpinan parlemen di Pangkep dan Lutim ialah milik Golkar. Beringin berhasil mengunci kursi pimpinan di dua daerah tersebut, hasil Pileg 2019 lalu.

Adapun kursi pimpinan di Kepulauan Selayar ialah Wakil Ketua DPRD. Jabatan ini sebelumnya ditempati oleh Ketua DPD PAN Kepulauan Selayar, Suryani Ramli. Namun yang bersangkutan juga meninggal dunia beberapa waktu lalu.

Ketua DPD II Golkar Pangkep, Andi Ilham Zainuddin (AIZ) mengatakan, proses pengisian pimpinan DPRD Pangkep sedianya sudah diproses sudah lama. Sejak masih dijabat oleh Plt Ketua Golkar Pangkep, Sofyan Syam pengusulannya sudah dilakukan.

“Sudah kami usulkan beberapa waktu lalu, bahkan sebelum saya terpilih menjadi ketua (DPD). Nama itu dikirim ke DPD I (Golkar Sulsel) saat pak Sofyan Syam menjabat Plt,” kata AIZ saat dihubungi pada Rabu (16/6/2021).

Mantan Ketua DPRD Pangkep ini menuturkan, tak semua nama legislator yang diusulkan sebagai pimpinan dewan. Melainkan hanya ada tiga nama yang direkomendasikan DPD II kepada DPD I, untuk selanjutnya diteruskan ke DPP.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2074 seconds (0.1#10.140)