Paket Komplet, Airlangga Bisa Jadi King Maker Sekaligus Capres

Kamis, 17 Juni 2021 - 18:08 WIB
loading...
Paket Komplet, Airlangga Bisa Jadi King Maker Sekaligus Capres
Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto dinilai sebagai King Maker yang paling lengkap dan komplit karena berpotensi menjadi Capres atau Cawapres di 2024. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Ketua Umum (Ketum) Partai Golkar Airlangga Hartarto dinilai sebagai King Maker yang paling lengkap dan komplet karena berpotensi menjadi Calon Presiden (Capres) atau Calon Wakil Presiden (Cawapres) di 2024.

termasuk kategori King Maker yang paling lengkap, paling komplit. Karena selain berpontensi atau punya kapasitas untuk menjadi King Maker di 2024, Airlangga Hartarto masih punya potensi menjadi Capres maupun," ujar Adjie dalam konferensi pers yang digelar secara virtual, Kamis (17/6/2021).

"Cawapres. Jadi dengan kategori King Maker dan peluang mereka menjadi King atau Wakil King maka dari tiga nama ini yang masih terbuka peluangnya adalah Airlangga Hartarto baik sebagai Capres maupun Cawapres," tambahnya.

Baca juga: Airlangga Ungkap Empat Manfaat UU Cipta Kerja di Sidang MK

Adjie menjelaskan, dalam temuan surveinya, LSI Denny JA menemukan, terdapat tiga nama King atau Queen Maker yang akan menentukan arah Pilpres 2024. Tiga nama tersebut adalah Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, dan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

"Ada tiga king atau queen maker dalam Pilpres 2024. Mengapa ada tiga tokoh ini kita sebut king atau queen 2024? Karena mereka sudah mengantongi minimal 3/4 tiket atau tiket penuh," jelasnya.

Adjie menambahkan, alasan mengapa ketiga tokoh tersebut mampu menjadi King/Queen Maker di 2024. "Megawati mampu menjadi queen maker lantaran berdasarkan kursi di DPR, PDIP menguasai 128 kursi atau 19,33%. Sehingga PDIP memenuhi syarat dan berhak mengusung capres dan cawapres sendiri di Pilpres 2024," ucap Adjie.

"Sementara Golkar memiliki 85 kursi di DPR atau 12,31%, dan Gerindra 78 kursi di DPR atau 12,57%. Jika Golkar dan Gerindra akhirnya berkoalisi dengan salah satu partai yang saat ini punya kursi DPR maka sudah cukup memenuhi syarat pencalonan," sambungnya.

Dalam temuan survei tersebut menunjukan, elektabilitas Airlangga mencapai 5,3% pada simulasi 9 nama. Berada di atas Agus Harimurti Yudhoyono 3,8%, Puan Maharani 2%, Erick Thohir 1,9%, dan Moeldoko 0,1%. Sementara Prabowo Subianto masih menempati urutan pertama dengan 23,5%.

Survei LSI Denny JA ini dilakukan secara tatap muka pada tanggal 27 Mei-4 Juni 2021, menggunakan 1200 responden di 34 Provinsi di Indonesia. Wawancara dilaksanakan secara tatap Margin of error (Moe) survei ini adalah sebesar +/- 2,9%.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0918 seconds (0.1#10.140)