alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

4 WNI Terinfeksi Corona di Kapal Diamond Princess Dirawat di 2 RS

Victor Maulana
4 WNI Terinfeksi Corona di Kapal Diamond Princess Dirawat di 2 RS
Jumlah WNI yang terinfeksi virus corona di kapal pesiar Diamond Princess bertambah menjadi empat orang. Foto/Ilustrasi

JAKARTA - Jumlah WNI yang terinfeksi virus corona jenis baru-COVID-19, di kapal pesiar Diamond Princess bertambah menjadi empat orang. Mereka saat ini dirawat di dua rumah sakit (RS) di Jepang. Hal itu disampaikan oleh Direktur Perlindungan Warga Negara dan Badan Hukum Indonesia (PWNI-BHI) Kementerian Luar Negeri, Judha Nugraha.

"Hingga hari ini, kami dapat info ada empat orang WNI yang terinfeksi virus Corona di kapal pesiar Diamond Princess. Mereka saat ini dirawat di dua rumah sakit. Kedutaan Besar Indonesia (KBRI) Tokyo sudah mengunjungi dua rumah sakit tersebut. Kondisi mereka stabil," ujar Judha, Jakarta, Rabu (19/2/2020).

Ketika ditanya di wilayah mana keempat WNI tersebut dirawat, Judha menuturkan dua WNI dirawat di rumah sakit di Chiba dan dua lainnya dirawat di rumah sakit di wilayah Tokyo.



Sementara itu total 542 orang, dari hampir 4.000 penumpang dan awak kapal Diamond Princess, terinfeksi virus Corona Covid-19, termasuk keempat WNI. Angka ini adalah yang terbanyak dari semua lokasi dan wilayah di luar China.

Para ahli medis menyebut karantina terhadap kapal itu gagal. Kapal tersebut tampaknya hanya berfungsi sebagai inkubator untuk virus, bukan sebagai fasilitas isolasi yang dimaksudkan untuk mencegah memburuknya wabah.

Para penumpang kapal yang sehat sendiri saat ini sudah diperkenankan untuk turun. Sementara itu, para kru masih diperintahkan untuk bertahan di kapal, hingga pemeriksaan kesehatan terhadap mereka selesai.



(tyk)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook